La Nyalla Terpilih Jadi Ketua, Pemerintah Bekukan PSSI

Kongres PSSI
Kongres PSSI
Kongres PSSI

POJOKSATU.id, SURABAYA – Sehari setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dibekukan oleh pemerintah, La Nyalla Mahmud Mattaliti terpilih sebagai ketua PSSI baru. Pemilihan Nyalla berlangsung di Kongres PSSI di Hotel JW Marriot, Surabaya, Sabtu (18/4).

Nyalla menang telak dengan mengumpulkan 92 suara, sementara pesaing ketatnya, Syarif hanya 14 suara. KLB diikuti 106 voters, 1 orang voters PSS Sleman absen.

Jumlah suara La Nyalla melebihi 50+1 suara, karena itu Komite Pemilihan tidak perlu menggelar putaran kedua. “La Nyalla sudah sah. Saya meminta notaris mencatat berita acara Kongres hari ini,” kata Ketua Komite Pemilihan, Dimam Abror, di depan peserta sidang.

Pemilihan ketua PSSI dalam kongres ini juga diwarnai dengan pengunduran diri tiga kandidat pesaing La Nyalla. Mereka yang mengundurkan diri Joko Driyono, Achsanul Qosasi dan Djohar Arifin Husin.


Sementara sehari sebelumnya, pembekuan PSSI dilakukan pemerintah lewat surat yang ditanda tangani langsung oleh Menpora, Imam Nahrawi. Dalam surat keputusan itu PSSI dinilai telah mengabaikan dan tidak mematuhi kebijakan pemerintah melalui surat teguran tertulis sebanyak tiga kali.

Dengan dikeluarkannya surat pembekuan tersebut, semua kegiatan yang dilakukan PSSI tidak diakui oleh pemerintah. (ril)