Duel Penebus Dosa Napoli dan Fiorentina

Napoli VS Fiorentina
Napoli VS Fiorentina
Napoli VS Fiorentina

POJOKSATU.id– Laga sengit diprediksi terjadi di Stadio San Paolo, kala Napoli dan Fiorentina saling bentrok pada giornata ke-30 Serie A, Minggu (12/4). Keduanya bertekad menebus dosa setelah tersingkir dari semifinal Coppa Italia. Duel ini juga layak ditengok terhadap sejauh mana determinasi para pemburu tiket Liga Champions via Europa League tersebut untuk segera bangkit ke jalur tiga angka.

Ya, boleh dibilang duel ini bakal jadi pendorong motivasi jelang leg I babak perempat-final Europa League, Kamis (16/4). Dimana Napoli akan lebih dulu menyambangi satu-satunya wakil Bundesliga Jerman yang tersisa di ajang ini, Wolfsburg. Senada, Fiorentina juga mesti mengunjungi kandang wakil Ukraina, Dynamo Kyiv.

Karena itu, baik Napoli dan Fiorentina tentu berharap bisa segera bangkit. Tiga poin makin berharga jika melihat posisi keduanya di papan klasemen. I Viola -julukan Fiorentina- berupaya bertahan di posisi empat (49 poin) dan memperlebar keunggulan atas Napoli di tangga keenam (47). Sedang I Partenopei -julukan Napoli- mengincar tiga poin untuk masuk ke lima besar lagi.

Khusus bagi tuan rumah, pertandingan ini tidak hanya menjadi penghibur buat fans mereka. Bagi Napoli, mereka harus segera mengembalikan lagi keangkeran San Paolo. Selain Napoli tunduk 0-1 dari Fiorentina dalam pertemuan terakhir di sana (24 Maret 2014). Gonzalo Higuain dkk juga sudah tak pernah menang lagi di kandang sejak pada tiga laga belakangan di berbagai kompetisi.


Termasuk saat dipecundangi Lazio pada leg II semifinal Coppa Italia, Kamis (9/4) dinihari WIB. Sedang bagi Fiorentina yang secara mengejutkan menyerah 0-3 dari Juventus pada leg II semifinal Coppa Italia, di Artemio Franchi, Rabu (8/4) dinihari WIB. Laga ini bakal jadi ajang pembalasan terhadap Napoli, yang selalu mengalahkan mereka kala tampil pada dua yang terakhir di kandang sendiri.

Sebelumnya, kedua tim terakhir bertemu pada bulan November tahun 2014 lalu di mana saat itu Fiorentina harus kalah dengan skor tipis 1-0 di Artemio Franchi. Kini merupakan momentum yang tepat bagi mereka untuk balas dendam, pasalnya skuad Si Ungu kini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu. Ditambah lagi mereka memiliki satu pemain baru yang menjadi idola yaitu Mohamed Salah.

Sebenarnya jika harus menengok kepada enam bentrok terakhir kedua tim, Napoli dalam urusan statistik diunggulkan. Skuad besutan Rafael Benitez membungkus empat kemenangan, satu kali imbang dan satu kemenangan untuk Fiorentina. Namun kini kondisi kedua tim jelas berbeda, secara klasemen pun tim tamu duduk di peringkat keempat dan Napoli kini berada di posisi keenam.

Laga nanti juga diprediksi akan berjalan ketat. Karena tuan rumah berusaha menjawab kritik pedas dari sang presiden, Aurelio De Laurentiis, ketika mereka terusir dari Coppa Italia. Dia bahkan meminta para pemain untuk mundur saja jika hasil buruk timnya tidak segera berubah. (sbn/fat)

PERKIRAAN PEMAIN

Napoli (4-2-3-1): 45-Andujar (g); 11-Maggio, 33-Albiol, 5-Britos, 31-Ghoulam; 19-Lopez, 8-Jorginho; 7-Callejon, 6-De Guzman, 14-Mertens; 9-Higuain

Pelatih: Rafael Benitez

Fiorentina (4-3-2-1): 1-Neto (g); 4-Richards, 2-Rodriguez, 19-Basanta, 28-Alonso; 10-Aquilani, 5-Badelj, 20-Valero; 74-Salah, 18-Diamanti; 33-Gomez

Pelatih: Vincenzo Montella