Prediksi Belgia vs Siprus: Kans Pesta Gol

Eden Hazard.
Eden Hazard.
Eden Hazard.

POJOKSATU.id -Dengan saling bertempurnya dua peringkat teratas Grup B (Israel menjamu Wales). Belgia yang menempati posisi empat, punya kans memangkas jarak. Karena pada matchday V KPE 2016, tim asuhan Marc Wilmots, bakal menjamu Siprus. Walau lawannya itu kini berada di tangga ketiga.

Tapi sepanjang sejarah, tim tamu belum pernah menang atas Belgia. Ini bisa jadi jaminan pesta gol. Ya, walau punya banyak pemain berbakat dan tampil cemerlang menembus perempat-final Piala Dunia 2014. Tim Nasional Belgia tak memulai perjuangan mereka dengan baik di Kualifikasi Piala Eropa (KPE) 2016.

Meski belum kalah dari tiga laga awal (1 menang, 2 seri, selisih gol 7-1), de Rode Duivels -julukan Timnas Belgia- masih tertahan di peringkat empat klasemen sementara Grup B. Tapi akhir pekan ini, ketika akan menjalani laga keempatnya di KPE 2016, dengan menjamu Siprus.

Belgia yang bakal didukung publik Stadion King Baudoin, punya potensi besar meraup hasil absolut. Seturut saling bentroknya Israel (9 poin dari 3 laga) dengan Wales (8 poin dari 4 laga). Vincent Kompany dkk memiliki kans memangkas jarak dengan dua tim teratas tersebut. Kepercayaan diri dimiliki tuan rumah.


Karena dari total tujuh kali bentrok di berbagai ajang dengan Siprus, Belgia tak pernah kalah (menang 6, seri 1, selisih gol 13-3) dengan diantaranya tiga kemenangan dari tiga laga di kandang sendiri. Hanya saja, kedua kubu sudah tak pernah lagi bersua, sejak Belgia menang 1-0 dalam friendly match di Limassol, 3 Februari 1999.

Siprus juga datang tanpa kekuatan terbaik, setelah sekitar tujuh pilarnya dipastikan absen (Dimitris Christofi, George Efrem, Nektarios Alexandrou, Dossa Júnior, Giorgos Vasiliou, Angelis Angeli, Antonis Giorgallides) dengan berbagai sebab. ”Saya belum pernah mendapati banyak pemain absen seperti kali ini,” tutur coach Timnas Siprus, Charalampos Christodoulou seperti dilansir Sportinglife.

Sementara Belgia tak bisa memainkan Romelu Lukaku dan Steven Defour. Namun, absennya Lukaku masih bisa digantikan Christian Benteke, atau sederet gelandang agresif yang dapat dipasang sebagai striker palsu (false nine), macam Kevin de Bruyne dan Marouane Fellaini. Belum lagi ada Eden Hazard hingga Nacer Chadli. (sbn/fat)