Ini Strategi Aji hingga Timnas U-23 Gunduli Timor Leste

Pemain U 23 Indonesia Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (9) saat berebut bola dengan pemain U 23 Timor Leste Filipe Oliveira (kanan) pada pertandingan Kualifikasi AFC U 23 Championship 2016 antara Indonesia Vs Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (27/3). Indonesia Unggul atas lawannya dengan skor 5-0. Foto : Ricardo/JPNN.com

POJOKSATU.id – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso terlihat sumringah karena tim asuhannya mampu menggunduli Timor Leste dengan skor tela 5-0 dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (27/3) malam. Namun, banyaknya gol yang tercipta itu tak akan terjadi andai strateginya di babak kedua tak jitu.

Saat babak pertama, Aji melihat Timor Leste selama 15 menit awal bermain bertahan. Karena itu, dia meminta pemain asuhannya untuk lebih sabar membuka serangan.

Setelah berjuang, skor pun tiba karena pemain lebih berani penetrasi dan melepaskan tendangan jarak jauh. Skor kedua pun di dapat setelah terjadi pelanggaran di dalam kotak Penalti.

Pada babak kedua, Aji menginstruksikan pemainnya untuk bermain lebih terbuka dari sayap. “Di babak pertama lawan sangat bertahan. Kami mencoba membongkarnya dari sayap tapi belum intens,” terang pelatoh 44 tahun tersebut dalam jumpa pers usai pertandingan.


“Di babak kedua, saya minta pemain untuk memaksimalkan serangan dari sayap dan striker running behind defender untuk mengacaukan konsentrasi. Saya bersyukur strategi ini berhasil,” Imbuhnya.

Kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 karena  mampu menerapkan strategi secara fleksibel. Bahan, hilangnya Zulfiandi aibat kartu merah tam membuat Garuda Muda kedodoran.

“Tadi saya lihat Timor Leste makin berani naik setelah unggul pemain. Kami pun mencoba untuk lebih mengisi lini tengah. Karena itu kami tarik Ilham Udin dan digantikan Paulo. Strategi itu juga berjalan baik,” ungkapnya.(dkk/jpnn/fat)