Diego Costa tak Masuk Skuat Timnas Spanyol Karena Dapat Kutukan?

skuat spanyol, spanyol vs italia, uji coba internasional, vicente del bosque
Diego Costa (Spanyol).
 Foto AFP
Foto AFP

DIEGO Costa sempat memantik kontroversi karena lebih memilih membela Tim Nasional Spanyol ketimbang bermain untuk tanah kelahirannya, Brasil pada September 2013.

Pilihan itu tampaknya tidak menguntungkan bagi Costa. Setidaknya sampai sejauh ini. Sejak memulai debut bersama La Furia Roja, 5 Maret 2014 dalam laga persahabatan melawan Italia, Costa banyak absen dari tugas tim nasional.

Costa tidak masuk dalam skuat yang dipersiapkan Entrenador Vicente del Bosque dalam lanjutan kualifikasi Euro 2016 melawan Ukraina dini hari nanti dan partai persahabatan melawan Belanda (31/3). Dia mengalami cedera hamstring.

Sejak menjalani debut, Costa hanya tujuh kali membela Spanyol. Sebagai seorang striker catatan golnya tidak impresif.


Bomber asal Chelsea itu cuma mencetak satu gol melawan tim lemah Luksemburg, 12 Oktober tahun lalu dalam kualifikasi Euro 2016.

Media-media Spanyol menyebut bahwa Costa mengalami kutukan karena keputusan kontroversialnya tersebut. Namun pemain striker 26 tahun tersebut menampik hal tersebut.

“Sejarah saya bersama Tim Nasional masih belum bagus. Saya belum melakukan apapun. Saya meminta maaf karena tidak bisa memberikan sesuatu sejauh ini,” ucap Costa dalam wawancara dengan koran yang berbasis di Madrid, Marca.

“Selalu saja ada masalah ketika saya sudah dekat untuk membela Spanyol. Secara personal, hal itu memang mengesalkan. Saya harap, hal tersebut akan segera berakhir,” imbuh pemain kelahiran Lagarto, Brasil itu.

Costa masih belum bisa melupakan kenangan buruk Spanyol pada Piala Dunia 2014 di negara kelahirannya, Brasil. Berstatus juara bertahan, Tim Matador tersingkir lebih dini pada fase grup karena kalah bersaing dengan Belanda dan Cile. Fakta itu selalu membuat Costa terganggu.

“Saya selalu ingin membuktikan harga saya karena memilih membela Spanyol. Namun sekali lagi, cedera kembali datang. Saya terus ingin mencari kesuksesan bersama Spanyol,” paparnya.

“Saya ingin membungkam kritik dan bermain baik. Saya ini selalu mendengarkan kritik dan ingin membuktikan kepada mereka yang meragukan bahwa mereka salah besar,” imbuhnya.

Posisi Costa sebagai striker utama Spanyol akan digantikan oleh “lvaro Morata (Juventus) dan Juanmi (Malaga). Keduanya tidak berpengalaman. Morata masih dia kali membela Spanyol. Sedangkan bagi Juanmi, pemanggilan ini adalah yang pertama dalam karirnya. (nur/fat)