BOPI: Data Verifikasi Peserta ISL 2015 Capai 70 Persen

Mateo Kovacic
Noor Aman
Noor Aman

POJOKSATU- Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) kembali mengumumkan update verifikasi dokumen klub peserta ISL 2015, Kamis (19/3). Hasilnya, beberapa klub mulai mencapai perkembangan yang signifikan.

Itu tak bisa dilepaskan dari verifikasi yang dilakukan bersama dengan perwakilan PT Liga Indonesia (LI). Desakan PT LI rupanya membuat pemenuhan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan kepada klub, lebih cepat.

“Tingkat kelengkapan dokumen secara keseluruhan saat ini sudah di atas 70 persen,” kata Ketua Umum BOPI Noor Aman, Kamis (19/3) siang.

Menurut purnawiran berpangkat Mayjen itu, peningkatan signifikan didapatkan setelah klub menyerahkan dokumen kontrak. Meliputi kontrak pemain dan kontrak pelatih.


Memang, kontrak kerja profesional adalah salah satu dokumen yang dikategorikan BOPI sebagai syarat wajib. Syarat wajib lainnya adalah dokumen keuangan dan legalitas klub.

“Kalau tiga aspek itu lengkap terpenuhi, barulah klub minimal bisa direkomendasikan masuk kategori B. Kategorinya bisa jadi A kalo semua aspek telah lengkap dokumennya.” tegas dia.

Namun, yang disesalkan BOPI, sampai hari ini, masih ada enam klub berkategori C. Itu berarti salah satu syarat yang sangat wajib, seperti legalitas klub, belum terpenuhi. (dkk/jpnn)