BOPI Keluarkan Rekomendasi Untuk Laga Bali United Lawan Persib

Persib Bandung.

POJOKSATU РBadan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) hari ini (Senin, 2/3) mengeluarkan rekomendasi untuk pertandingan persahabatan Bali United Pusam lawan Persib Bandung. Laga pramusim  Indonesian Super League (ISL) 2015 itu rencananya digelar di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, pada Selasa, 3 Maret mendatang.

“Meskipun pengurusan rekomendasinya agak terlambat, pengurus Bali United berkomitmen kuat memenuhi persyaratan BOPI,” kata Ketua Umum BOPI Mayjen (Pur.) Noor Aman. “Kami hargai upaya mereka. Untuk itu, kami juga percepat pembahasan rekomendasinya agar pertandingan bisa sesuai jadwal.”

Noor Aman menekankan, rekomendasi BOPI ini hanya untuk laga Bali United lawan Persib. Sedangkan untuk laga persahabatan selanjutnya pada 13, 15, dan 17 Maret pihak Bali United harus menempuh prosedur baku dan melengkapi dokumen-dokumen lain yang dipersyaratkan.

Noor Aman menegaskan bahwa rekomendasi BOPI dibutuhkan dalam penerbitan izin keramaian dari kepolisian bukan sebatas untuk kompetisi.


“Semua olahraga profesional harus mendapatkan rekomendasi BOPI, apakah itu berupa turnamen, pertandingan persahabatan, maupun eksebisi,” tambah Noor Aman melalui siaran persnya di Jakarta.

Hal itu sesuai amanat UU Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 87 tentang pengawasan dan pengendalian olahraga profesional. Bagi yang melanggar, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 Pasal 121-122, ada ancaman sanksi administratif berupa peringatan, teguran tertulis, pembekuan izin sementara, dan sebagainya.

Noor Aman mengakui, saat ini masih ada sejumlah pihak yang belum memahami aturan tersebut. Untuk itu, secara bertahap dan mengedepankan pendekatan persuasi, BOPI terus mensosialisasikan aturan ini kepada semua pelaku industri olahraga profesional.

“Intinya, kami tidak ingin mempersulit pelaku olahraga profesional dalam menjalankan aktivitasnya. Kalau ada masalah, kami juga siap berdikusi dan membantu mencari solusi,” Noor Aman menegaskan.

“Namun demikian, BOPI tetap harus menjalankan sebagai pengawas dan pengendali olahraga profesional. Jadi, mari kita bekerjasama menegakkan semangat tertib administrasi demi kemajuan olahraga profesional Indonesia,” katanya.(rmol/fat)