West Ham Hadapi Kelelahan Kontra WBA

sam allardyce, inggris, wayne rooney
Sam Allardyce
Sam Allardyce
Sam Allardyce

POJOKSATU – West Ham United memang belum kalah dari dua bentrok terakhir kontra West Bromwich Albion, plus hanya menelan satu kekalahan dari sembilan laga terakhir di berbagai kompetisi. Tapi, jelang duel babak V Piala FA 2014/15 di The Hawthorns, pada ‘Hari Valentine’, Sabtu (14/2). Coach Sam Allardyce, rada ngeri pasukan The Hammers diterpa kelelahan paska menahan Southampton tiga hari silam.

Ya, pada laga pekan ke-25 EPL di St. Mary’s tersebut, West Ham mampu menahan Soton 0-0 walau bermain dengan sembilan orang hingga bubaran. Itu terjadi setelah kiper Adrian kena kartu merah langsung pada menit ke-61. Jussi Jaaskelainen yang masuk menslot penjaga gawang asal Spanyol tersebut merupakan pergantian pemain terakhir The Hammers.

Tak berapa lama berselang. Andy Carroll yang baru dimasukkan pada menit ke-55 guna menggantikan Diafra Sakho, kena cedera. Untungnya, West Ham masih mampu menyelamatkan satu poin dari markas The Saints guna memantapkan posisi mereka di posisi delapan klasemen sementara EPL. Tapi, kekelahan membayangi skuad besutan The Big Sam -julukan Allardyce- jelang lawatan ke kandang West Bromwich.

Meski pada pertemuan terakhir di Piala FA, The Irons -julukan lain West Ham- sukses mendepak West Brom 2-0 pada 1993. Allardyce jelas khawatir dengan situasi timnya saat ini. Pasalnya, beberapa pilar kunci lainnya kena cedera. Cheikhou Tiyote, Kevin Nolan, Mark Noble, James Collins dan Winston Reid masih diragukan fit saat hari pertandingan.


”Kami memang masih dapat poin. Tapi ketakutan saya adalah kerja ekstra keras sembilan pemain kami saat melawan Soton akan berdampak negatif dalam laga kontra West Brom. Andy sudah pasti out dan Tiyote kelelahan. Saya hanya dapat berharap Kevin dan Mark fit. Dan mungkin agak terlalu cepat buat James dan Reid untuk tampil,” beber Allardyce di situs resmi klub.

Kekhawatiran pelatih berusia 60 tahun itu juga disertai dengan catatan hebat The Baggies -julukan West Bromwich- sejak ditangani Tony Pulis mulai 1 Januari 2015 silam. Tuan rumah hanya menelan satu kekalahan dari lima laga terakhir bersama pelatih barunya. Selain itu, West Brom cuma bakal kehilangan dua pemain di laga ini, yakni Youssouf Mulumbu dan Jonas Olsson yang cedera. Sedang Victor Anichebe masih harus menjalani pemeriksaan medis pada hari pertandingan.

Sementara West Brom berusaha kembali mencapai prestasi tertinggi mereka di Piala FA, yakni menembus semifinal pada 2008. Modal kemenangan 2-0 atas Swansea City di The Hawthorns, tengah pekan ini, akan menambah tebal kepercayaan diri Saido Berahino dkk, yang saat ini bertengger di urutan 14 klasemen sementara EPL.

”Mereka (West Ham) sedang menjalani musim terbaiknya. Tapi kini kami hanya berjarak beberapa laga lagi untuk mencapai Wembley (minimal semifinal). Jika kami mampu melewati tantangan ini dan dapat hasil undian bagus. Siapa tahu apa yang akan terjadi nanti? Inilah antusiasme hebat Piala FA dan saya tahu, klub ini punya sejarah hebat di turnamen. Saya cinta ajang ini dan berharap lebih pada laga Sabtu. Semoga tim dan fans masih punya motivasi tersisa dari kemenangan atas Swansea,” koar Pulis. (sbn)