Kegagalan Tiga Klub Ini Karena Dikutuk..?

Benfica.
Benfica.
Benfica.

POJOKSATU – Percaya tidak percaya, aroma tahayul ternyata berlaku di dunia sepakbola. Paling tidak itu terjadi pada tiga klub berikut ini yang dipercaya terkena kutukan.

Pertama, Benfica. Klub raksasa Portugal ini disebut-sebut pernah dikutuk oleh mantan pelatih legendaris mereka, Bela Guttman. Pada 1962, Guttman mengatakan bahwa The Eagles tidak akan memenangi gelar di Eropa selama 100 tahun.

Sialnya, hal tersebut terbukti. Sampai sekarang klub asal Portugal itu tak kunjung berhasil naik podium juara.

Kutukan juga dipercaya menimpa Derby County. Ceritanya pada 1895, Derby County pindah ke kandang baru bernama Stadion Baseball Ground. Mitos yang berkembang mengatakan bahwa seorang gipsi mengutuk The Rams agar tidak memenangi Piala FA selama bermarkas di sana.


Kutukan itu menjadi kenyataan. Akhirnya, mereka pindah kandang ke Pride Park pada 1997.

Nuansa tahayul juga mewarnai perjalanan Racing Club. Klub asal Argentina ini pernah merasakan kisah berbau mistis. Pada 1967, penggemar Independiente melakukan ritual mengubur tujuh kucing mati di markas Racing Club, Stadion El Cilindro.

Ritual ini mereka lakukan guna menjegal langkah Racing Club dalam perebutan gelar juara Argentina. Racing akhirnya baru bisa menjuarai liga pada 2001.(fat)