Jika Mulus, Begini Perjalanan Indonesia Menuju Piala Dunia 2018

Timnas Indonesia.

POJOKSATU – Publik sepakbola Indonesia tentu sangat berharap Tim Garuda bisa berlaga di Piala Dunia. Entah kapan asa itu bisa terwujud, namun mimpi itu selalu ada di benak seluruh pecinta bola Indonesia.

Untuk Piala Dunia 2018, semua anggota FIFA (kecuali Rusia sebagai tuan rumah) akan mengikuti babak kualifikasi, termasuk Indonesia.

Berdasarkan rilis terbaru peringkat FIFA, Indonesia berada di peringkat 31 Asia. Dengan demikian, Boas Salossa dkk akan memulai perjalanan menuju Rusia dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Indonesia akan tergabung dalam 40 tim yang akan berlaga di babak kedua kualifikasi ini. Dari 40 tim itu, enam diantara sudah lebih dulu berlaga di babak pertama kualifikasi.


Peserta babak pertama kualifikasi adalah tim yang ada di peringkat 35 hingga 46. Yang harus melalui babak pertama kualifikasi dilansir laman resmi AFC adalah India, Nepal, Yaman, Pakistan, Timor Leste, Mongolia, Kamboja, Makau, Cina Taipei, Brunei Darussalam, Sri Lanka, dan Bhutan.

Untuk babak pertama kualifikasi akan digelar dengan sistem gugur kandang-tandang pada 12 dan 17 Maret 2015. Sedangkan babak kedua kualifikasi yang akan diikuti 40 tim bakal digelar pada 11 Juni 2015 – 29 Maret 2016.

Khusus untuk babak kedua kualifikasi, 40 tim itu akan terbagi dalam delapan grup. Selanjutnya, akan diambil 12 tim (delapan juara grup dan empat runner-up terbaik) untuk masuk ke babak ketiga kualifikasi.

Sekadar informasi, babak kualifikasi ini juga sekaligus sebagai babak kualifikasi Piala Asia 2019. Nah, 24 tim teratas di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 otomatis masuk ke putaran final Piala Asia 2019.

Selanjutnya, 12 tim yang lolos ke babak ketiga kualifikasi akan dibagi menjadi dua grup. Nah, juara dan runner-up grup otomatis akan mengisi empat slot wakil Asia di Piala Dunia.

Asia masih berpeluang menambah wakilnya setelah babak kualifikasi keempat. Di babak keempat ini, dua peringkat ketiga dari dua grup di kualifikasi ketiga akan diadu dalam babak play-off AFC. Lalu pemenangnya akan melawan wakil dari konfederasi lainnya. Jika menang berarti meraih satu tiket di Piala Dunia 2018 Rusia.

Bagaimana menurut anda? Sanggupkah Indonesia melalui tahapan kualifikasi yang panjang nan berliku itu? Entahlah. Tapi tak ada salahnya bermimpi.(fat)