Ini Daftar Raja Free-Kick La Liga

Cristiano Ronaldo.
Cristiano Ronaldo.
Cristiano Ronaldo.

POJOKSATU – Gol dari tendangan bebas selalu memukau mata. Lesatannya yang tak terduga kadang melengkung, datar keras, kerap mengelabui penjaga gawang. Mengingat sulitnya mencetak gol dari direct free kick ini, makanya pemain yang mampu melakukannya pun terbilang langka.

Di Liga Spanyol saja, selama dua dekade terakhir hanya tujuh pemain yang mampu mencetak gol tendangan bebas sebanyak dua digit.

Berikut daftarnya (hitung mundur), berdasarkan statistik yang dilansir MisterChip.

1. Rivaldo, 11 Gol


Kita buka daftar ini dengan Rivaldo, mantan tulang punggung Barcelona periode 1997-2002. Rivaldo merupakan pemain yang dikaruniai teknik dan skill di atas rata-rata. Insting golnya pun istimewa.

Rivaldo dikenal sebagai pemain kreatif dengan kemampuan dribbling, passing serta long shot yang mumpuni. Tak kalah penting, dia juga ahli mencetak gol lewat bola-bola mati.

Selama berkarier di La Liga bersama Barcelona, eks gelandang serang Brasil itu mengoleksi total 85 gol dalam 168 penampilan di La Liga. Dari 85 gol itu, 11 dia sarangkan lewat eksekusi tendangan bebas.

2. Duda, 12 Gol

Gelandang Portugal kelahiran 27 Juni 1980 ini sudah memperkuat dua klub berbeda di La Liga, dari Malaga (2001-2006), Sevilla (2006-2009) dan kembali berseragam Malaga hingga sekarang. Total, dia telah mencetak 29 gol dan 40 assist dalam 260 penampilan di La Liga.

Dari 29 gol itu, 12 di antaranya diciptakan Duda dengan eksekusi tendangan bebas.

3. Marcos Assuncao, 12 Gol

Gelandang Brasil kelahiran 25 Juli 1976 ini dikenal sebagai seorang world-class free kick specialist. Total 12 gol tendangan bebas dia ukir bersama Real Betis di La Liga selama periode 2002-2007.

Assuncao pernah memperkuat tim-tim di empat negara berbeda sepanjang kariernya, termasuk Santos dan AS Roma. Namun, bersama Betis lah dia terbilang paling sukes. Salah satu alasannya adalah kehebatan Assuncao dalam mengeksekusi tendangan bebas.

4. Lionel Messi, 12 Gol

Barcelona dan spesialis tendangan bebas ibarat dua hal yang tak terpisahkan. Setelah Rivaldo, kini ada pula Lionel Messi.

Sejauh ini, Messi sudah mencetak 12 gol tendangan bebas di kancah Liga. Yang terkini adalah ketika Barcelona menghancurkan tuan rumah Athletic Bilbao 5-2 di jornada 22 musim 2014/15.

Dalam laga itu, La Pulga juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol lewat direct free kick di New San Mames, stadion anyar Los Leones. Yang jelas, koleksinya masih bisa bertambah.

5. Cristiano Ronaldo, 15 Gol

Sejauh ini, Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi 15 gol tendangan bebas bersama Real Madrid di kancah La Liga.

Sang bintang Portugal adalah salah satu pemain dengan kemampuan paling komplet sepanjang sejarah sepak bola. Dia bisa mengoyak gawang lawan dari mana saja, termasuk lewat eksekusi free kick dengan kaki kanan sebagai senjata terkuatnya.

Accurate, powerful, bending free kick merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki Ronaldo. Karier Ronaldo di La Liga bisa dibilang masih cukup panjang.

Jadi, sangat terbuka peluang baginya untuk melewati dua nama yang saat ini berada di atasnya.

6. Ronaldinho, 15 Gol

Master Jogo Bonito asal Brasil yang diakui sebagai salah satu pemain paling berteknik tinggi di generasinya ini merupakan mantan ikon Barcelona sebelum Lionel Messi. Dia adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Blaugrana.

Selain permainan indahnya, Ronaldinho juga terkenal sebagai spesialis bola-bola mati.

Selama memperkuat Barcelona (2003-2008), Ronaldinho mengukir total 70 gol dan 37 assist dalam 145 penampilan di La Liga. Dari 70 gol itu, 15 di antaranya dia ciptakan lewat eksekusi tendangan bebas.

Ciri khas tendangan bebas Ronaldinho adalah melengkung melewati pagar hidup dan menusuk ke sudut gawang yang sulit dijangkau oleh kiper lawan.

7. Roberto Carlos, 16 Gol

Di urutan pertama adalah Roberto Carlos, mantan bek kiri eksplosif Real Madrid asal Brasil. Selama memperkuat Madrid periode 1996-2007, Carlos merupakan pemain yang produktif. Total 48 gol dan 22 assist dia bukukan dalam 370 penampilan bersama El Real di La Liga.

Salah satu senjata andalan Carlos, selain speed dan stamina, adalah power absolut yang dihasilkan oleh kaki kirinya. Dengan kaki kiri itu pula, Carlos menjelma jadi ancaman bagi lawan, terutama ketika menghadapi bola-bola mati.

Selama berkarier di La Liga, Carlos mencetak 16 gol lewat tendangan bebas langsung. Untuk sementara, dialah yang teratas.

Tendangan bebas Carlos identik dengan power. Ibarat meriam, meski kiper bisa menebak arah bola, tapi jarang bisa dihentikan. Bagi Carlos, tipuan kadang tak diperlukan karena dia percaya dengan kekuatan yang dihasilkan oleh kaki kirinya.(fat)