Empat Kandidat Bersaing jadi Presiden FIFA

foto: fifa.com
foto: fifa.com
foto: fifa.com

POJOKSATU – Empat kandidat Presiden FIFA lolos uji regulasi dan integritas. Panitia pemilihan pun menyatakan keempat sosok tersebut pantas maju dalam pemilihan yang bakal digeber dalam Kongres FIFA, 29 Mei nanti.

Dilansir situs resmi FIFA, empat calon tersebut adalah incumbent Sepp Blatter (Swiss), Pangeran Ali bin Hussein (Yordania) yang juga menjabat wakil ketua saat ini, kemudian mantan pemain Luis Figo (Portugal) dan Ketua Federasi Sepak Bola Belanda, Michael van Praag.

“Setelah menerima hasil pemeriksaan integritas, Panitia Pemilihan Ad-hoc bisa menyatakan mereka (calon) memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Statuta FIFA,” bunyi keterangan FIFA.

Sebelumnya diketahui juga, dua kandidat lainnya yakni Jerome Champagne dan David Ginola, keduanya dari Prancis, menarik diri karena tidak mendapatkan dukungan yang cukup, minimal dari lima asosiasi sepak bola nasional.


Sementara Blatter muncul sebagai kandidat terkuat, dengan ambisi menjadi presiden untuk kelima kalinya sejak 1998. (adk/jpnn/fat)