Hujan Gol di San Memes, Barca Bantai Bilbao

Lionel Messi.
Lionel Messi.
Lionel Messi.

POJOKSATU – Hujan gol mewarnai laga Athletic Bilbao versus Barcelona pada jornada 22, Primera Division di San Memes, Senin (9/2) dinihari WIB. Bintang Barcelona, Lionel Messi menjadi man of the match dengan dua gol dan dua assist untuk kemenangan 5-2 bagi Bluagrana.

Ini merupakan kemenangan kesembilan Barcelona dalam sembilan laga terakhir. Hasil ini juga membuat Barca menempel ketat Real Madrid yang baru saja menelan kekalahan memalukan 0-4 dari Atletico Madrid. Jarak mereka tersisa satu poin saja.

Barcelona lebih dulu membuka jarak, melalui Lionel Messi pada menit ke-15. Dipercaya mengeksekusi hadiah tendangan bebas setelah handsball yang dilakukan Iker Muniain, Messi melepaskan tendangan kaki kiri, yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang kiper Gorka Iraizoz.

Setelah beberapa kali bertukar ancaman, Barcelona memperbesar keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Luis Suarez pada menit ke-26. Dalam sebuah serangan balik, Suarez membobol gawang tuan rumah dengan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, memanfaatkan bola kiriman Messi.  Skor 0-2 tak berubah hingga paruh waktu berakhir.


Bilbao sempat memberi tekanan berarti kepada Barcelona, setelah Mikel Rico memperkecil ketinggalan timnya pada menit ke-59. Rico membobol gawang Barcelona dengan tendangan kaki kanan dari jarak dekat, memanfaatkan bola hasil tembakan Aritz Aduriz yang diblok kiper Claudio Bravo.

Messi mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-62. Kali ini, Messi menaklukkan gawang Bilbao dengan tendangan kaki kiri dari jarak dekat, memanfaatkan bola dari Luis Suarez.

Dua menit setelahnya, Neymar membuat angka di papan skor berubah menjadi 1-4, dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Gol kali ini juga merupakan buah umpan Messi.

Bilbao kembali memperkecil ketinggaln lewat Aduriz. Memanfaatkan umpan Muniain, Aduriz menembakkan bola dari tengah kotak penalti ke sudut kiri bawah gawang dengan tendangan kaki kanan.

Barcelona menutup laga ini dengan kemenangan 5-2 pada menit ke-86. Pedro menembakkan bola kiriman Sergio Busquets ke tengah gawang, dengan tendangan kaki kanan dari jarak dekat.(fat)