Gaji Neymar Bisa Lebihi Messi

Neymar
Neymar
Neymar

POJOKSATU-  Neymar semakin matang pada musim keduanya bersama Barcelona. Musim ini, striker asal Brasil itu sukses mencetak 22 gol dalam 27 laga di semua ajang.

Jumlah itu memang masih kalah dengan superstar utama Lionel Messi yang mencetak 32 gol dalam 30 pertandingan. Namun, Barca sadar bahwa Neymar adalah aset yang luar biasa. Apalagi usia produk asli akademi Santos itu masih 22 tahun. Artinya, masa depannya masih sangat panjang.

Berdasarkan laporan koran Spanyol AS, Presiden Barca Josep Maria Bortomeu mempertimbangkan untuk memperpanjang kontrak Neymar. Padahal, kontrak lama Neymar baru akan habis 30 Juni 2018.

“Kontrak Neymar akan diperpanjang sampai musim panas 2020. Nilai buyout clause-nya mencapai 175 juta euro (sekitar Rp 2,5 triliun),” tulis jurnalis AS Santi Gimenez kemarin.


Harga tersebut memang sangat luar biasa. Mengingat, presiden Barca sebelumnya, Sandro Rosell, “hanya” membayar 57,1 juta euro (sekitar Rp 821,4 miliar) kepada Santos untuk menebus Neymar. Kalau digabungkan dengan komisi, bonus, dan lain-lain, jumlah transfer Neymar menembus 60 juta euro (sekitar Rp 863,1 miliar).

Harga transfer Neymar tersebut meninggalkan masalah. Otoritas hukum Spanyol melakukan investigasi atas nilai transfer itu. Pemerintah Spanyol mencurigai Barca menghindari pajak. Harga beli Neymar diperkirakan jauh di atas itu. Permasalahan tersebut membuat Rosell akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya.

Dengan perpanjangan kontrak itu, gaji pokok Neymar naik 100 persen menjadi 12 juta euro atau sekitar Rp 86,3 miliar pertahun. Itu belum termasuk bonus jika memenangkan gelar atau memenuhi target individual.

Bonus ekstra untuk Neymar mencapai 60 juta euro (sekitar Rp 863,1 miliar) untuk lima tahun. Artinya, Neymar akan membawa gaji menembus 24 juta euro (sekitar Rp 345,2 miliar) per tahun. Jumlah tersebut sudah di atas gaji Messi yang mencapai 20 juta euro (sekitar Rp 287,7 miliar).

“Neymar akan menjadi ikon klub di masa depan. Dia pemain spesial, unik. Kami akan mencintainya. Apakah dia akan lebih baik dari Messi” Kami akan melihatnya di masa depan,” ucap Luis Enrique, entrenador Barca, kepada AS. (nur/ca)