Champagne Gugur, Calon Presiden FIFA Tinggal Empat Orang

Jerome Champagne.
Jerome Champagne.
Jerome Champagne.

POJOKSATU РPersaingan di bursa calon Presiden FIFA periode 2015-2019. Itu setelah satu per satu kandidat gugur atau dinyatakan tidak memenuhi syarat mencalonkan diri. Setelah David Ginola tereleminasi, giliran pria asal Prancis lainnya, Jerome Champagne  yang harus tersingkir.

Seperti halnya Ginola, Champagne juga digugurkan karena persyaratan minimal mendapat dukungan dari lima federasi anggota FIFA gagal dipenuhi. Menurut Reuters, pria asal Prancis itu hanya mendapat tiga dukungan.

Dengan demikian persaingan di bursa calon Presiden FIFA mengerucut menjadi empat orang. Sepp Blatter selaku incumbent akan menghadapi tantangan dari tiga kandidat lainnya. Yaitu Luis Figo, Michael van Praag dan Ali bin Al Hussein.

Champagne yang merupakan mantan ofisial FIFA, menuding kegagalan dirinya dalam pencalonan kandidat Presiden FIFA ini karena ada sejumlah federasi yang takut jika Ia terpilih jadi presiden FIFA.


“Mereka takut ada pembalasan bila mengeluarkan rekomendasi untuk saya. Karena federasi mereka jadi kandidat tuan rumah kompetisi di benua mereka. Karena mereka terlalu bergantung pada dukungan keuangan. Karena mereka berkomitmen untuk membela kepentingan benua mereka,” ungkap Champagne.

“FIFA memobilisasi lembaga-lembaganya untuk mengeliminasi satu-satunya kandidat independen,” ujarnya. (fat)