Tekuk Irak, UEA Juara Tiga Piala Asia 2015

Pemain UEA merayakan kemenangan atas Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia 2015, Jumat (30/1).
Pemain UEA merayakan kemenangan atas Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia 2015, Jumat (30/1).
Pemain UEA merayakan kemenangan atas Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia 2015, Jumat (30/1).

POJOKSATU – Uni Emirat Arab tampil sebagai juara ketiga di turnamen sepakbola terbesar di benua Asia, Piala Asia 2015, usai mengalahkan Irak 3-2. Ali Mabkhout tampil sebagai penentu kemenangan UEA, lewat golnya dari titik putih setelah dirinya dilanggar di kotak terlarang.

Meski hanya memperbutkan tempat ketiga, namun duel bertajuk derby Timur Tengah ini berjalan sengit. Silih berganti mencetak gol, satu penalti dan satu kartu merah mewarnai laga ini. UEA lebih dulu memimpin pada menit ke-16. Umpan Omar Abdulrahman berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Ahmed Khalil. UEA unggul 1-0.

Menit 28, giliran Irak yang mencetak skor, sekaligus menyamakan kedudukan. Penjaga gawang UEA, Essa gagal mengantisipasi tembakan Waleed Salim.

Pertandingan kemudian berjalan dengan cukup keras, pemain Irak Dhurgham Ismail mendapatkan kartu kuning kemudian disusul Omar empat menit kemudian.


Irak berbalik unggul tiga menit jelang jeda lewat sontekan Amjad Kalaf. Gol tersebut gagal dibalas oleh UEA sehingga skor 2-1 bertahan hingga jeda.

UEA bangkit di babak kedua. Gelandang berbakat, Omar, kembali menampilkan kelihaiannya dengan mengirim umpan matang yang kemudian dituntaskan menjadi gol oleh Ahmed Khalil. Skor kembali imbang.

Petaka bagi Irak datang tiga menit kemudian. Ali Mabkhout berhasil lolos dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tetapi bek Ahmad Ibrahim Khalaf membuat keputusan fatal dengan menekel striker UEA tersebut sehingga wasit tidak ragu mencabut kartu merah dan menunjuk titik putih.

Mabkhout yang menjadi eksekutor tidak menyiakan peluang tersebut untuk mengubah skor menjadi 3-2 sekaligus memantapkan diri sebagai top skor sementara dengan koleksi lima gol.

Di sisa waktu yang cukup panjang, Irak meski dengan sepuluh pemain, terus berusaha menciptakan gol penyeimbang. Younnis Mahmoud beberapa kali mendapatkan peluang tetapi hasilnya nihil. UEA berhasil mempertahankan keunggulan hingga skor berakhir dan memastikan diri menjadi juara ketiga di Piala Asia 2015.(gc/fat)