Final Piala Asia 2015: Australia Juara Asia

Piala Asia 2015.
Piala Asia 2015.
Piala Asia 2015.

POJOKSATU – Australia akhirnya tampil sebagai kampiun Piala Asia 2015, setelah menekuk Korea Selatan 2-1 di ANZ Stadium, Sydney, Sabtu (31/1) malam. Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 pada 90 menit waktu normal. James Trois menjadi pahlawan bagi The Socceroos lewat golnya di menit 105.

Australia pun menjadi juara dan sukses sebagai penyelenggara turnamen sepak bola terbesar di benua Asia itu.

Australia mengawali laga dengan cukup baik. Dua peluang berturut-turut diciptakan Cahil dan Jidanek. Sayang belum membuahkan gol.

Sementara Korea Selatan membalas lewat Heung-Min Son. Sebuah sepakan kerasnya di menit 38 masih bisa diblok bek Australia.


Di tengah-tengah tekanan Korea Selatan, Australia sukses mencuri gol melalui Luongo di penghujung babak pertama.

Proses gol yang cukup cantik. Umpan Sainsbury melewati lini tengah Korea sementara Luongo berdiri membelakangan gawang lalu dengan sebuah sentuhan apik sang bintang langsung berhadapan dengan gawang dan melepaskan tembakan keras ke pojok kanan. 1-0 Australia memimpin!

Setelah jeda, Korsel terus berupaya mencetak gol penyama. Namun tak kunjung bisa membobol gawang Australia. Offisial pertandingan mulai mengumumkan tambahan waktu 4 menit.

Saat pertandingan sepertinya akan dimenangkan Australia, Heung-Min Son justru unjuk gigi dan memperpanjang nyawa Korsel. Sung-Yueng Ki jadi otak di balik terciptanya gol melalui sebuah umpan akurat yang disempurnakan Heung-Min Son.  Ini merupakan gol ketiganya sepanjang turnamen.

Kemenangan Australia buyar, skor imbang dan pertandingan pun harus dilanjutkan dengan extra time. 2×15 menit.

Setelah dikecewakan dengan gol di penghujung babak kedua, giliran Australia yang berpesta setelah James Trois di menit akhir babak perpanjangan waktu pertama.

Berawal dari usaha keras Tomi Juric dari sisi kiri pertahanan lawan. Juric mengirim umpan datar ke tiang jauh. Bola sempat ditepis kiper Korsel. Namun James Troisi yang datang dari lini kedua menyambut bola rebound dengan sepakan akurat. 2-1 untuk Australia.

Stadion yang malam ini dipadati 76.385 penonton bergemuruh. Pendukung Australia pun bersiap menyambut pesta kemenangan. Harapan tak ada lagi gol penyama tercipta pada babak tambahan waktu kedua, terwujud. Australia merengkuh gelar Piala Asia 2015.(fat)