Figo Bertekad Lengserkan Presiden FIFA

Luis Figo.
Luis Figo.
Luis Figo.

POJOKSATU – Mantan kapten Timnas Portugal, Luis Figo mencuri perhatian publik sepakbola dunia dengan rencananya bertarung dalam perebutan kursi Presiden FIFA.

Kepastian mantan pemain Barcelona, Real Madrid dan Inter Milan itu ikut dalam bursa pemilihan Presidan anyar FIFA tersebut muncul saat ia mengadakan sesi wawancara bersama CNN. Figo mengaku, dirinya ingin melengserkan Presiden FIFA yang sekarang, Sepp Blatter, untuk membuat organisasi itu menjadi lebih baik.

“Saya sangat peduli pada sepakbola. Jadi, apa yang saya lihat terkait citra FIFA, tak hanya saat ini ataupun di masa lalu, saya sangat tak menyukainya. Jika anda mengetik kata FIFA melalui internet, kata pertama yang akan Anda lihat adalah” skandal. Itulah mengapa kita pertama-tama harus mengubah dan mencoba memperbaiki citra FIFA terlebih dahulu,” keluh pria 42 tahun ini.

“Sepakbola layak mendapatkan hal yang lebih baik dari ini. Saya sudah berbicara dengan banyak orang penting di sepakbola – para pemain, manajer, presiden federasi – dan mereka semua memikirkan hal yang sama, bahwa harus ada perubahan yang dilakukan,” katanya.


“Tahun lalu ada penyelenggaraan Piala Dunia. Saya berada di Brasil dan saya melihat reaksi para fans terkait citra FIFA dan saya rasa memang harus ada sesuatu yang diubah. Perubahan di sektor kepemimpinan, tata kelola, transparansi dan solidaritas. Jadi, saya pikir inilah waktunya untuk membuat perubahan tersebut,” lanjut Figo.

Sepp Blatter sendiri sudah menjadi presiden FIFA sejak tahun 1998. Ia kemudian terpilih lagi untuk menduduki posisi tersebut pada tahun 2002, 2007 dan 2001.(cnn/fat)