FA Selidiki Pelanggaran Costa, Ini Cara Penentuan Hukumannya

Rekaman pelanggaran Costa. foto:twitter

POJOKSATU – Federasi sepakbola tertinggi di Inggris, FA, tengah melakukan penyelidikan atas insiden ‘injak kaki lawa’ yang dilakukan Diego Costa terhadap pemain Liverpool. Selama dua hari ini, FA akan mengumpulkan keterangan dan bukti, lalu mengumumkan hukuman yang akan diberikan.

Saat Chelsea menjamu Liverpool di leg kedua semifinal Capital One Cup di Stamford Bridge, Rabu (28/01) kemarin. Laga itu berlangsung seru dan berakhir dengan kemenangan 1-0 The Blues.

Namun, yang paling banyak disorot di laga itu adalah Costa, karena ia sempat dua kali menginjak kaki penggawa The Reds, Emre Can dan Martin Skrtel. Banyak yang menilai pemain Spanyol itu memang sengaja menginjak kaki kedua defender tersebut.

Setelah laga itu tuntas, menurut klaim The Independent, pihak yang berwenang di FA langsung menganalisa rekaman video insiden tersebut. Mereka kemudian disebut akan memanggil wasit yang bertugas di laga tersebut, Michael Oliver. Sang wasit akan ditanya apakah ia menyaksikan insiden tersebut atau tidak, terutama saat Costa menginjak Can.


Jika Oliver memang tak melihat kejadian tersebut, maka FA akan menanyakan pada wasit tersebut, hukuman apakah yang akan ia berikan jika ia melihat insiden itu. Setelah itu, barulah FA akan memproses hasil wawancara dengan Oliver. Namun, mereka tak akan menjadi pihak yang menjatuhkan hukuman pada Costa.

Akan ada panel khusus yang dibentuk untuk menentukan hukuman apa yang pantas bagi striker 26 tahun tersebut. Kabarnya, keputusan terkait insiden tersebut akan diumukan di hari yang sama saat Chelsea bersua dengan Manchester City di ajang Premier League hari Sabtu (31/01) mendatang. (ind/ps/fat)