Pique Kemplang Pajak Rp 35,4 Miliar

Gerrard Pique.
Gerrard Pique
Gerrard Pique

POJOKSATU- Bek Barcelona Gerrard Pique menghadapi masalah serius. Pemain 27 tahun tersebut diisukan mengemplang pembayaran pajak. Dinas Pajak Spanyol mengungkapkan, Pique menunggak pajak sampai 2,5 juta euro atau sekitar Rp 35,4 miliar.

Berdasarkan laporan La Vanguardia, Pique tidak membayar pajak selama empat tahun beruntun. Yakni, pada 2007, 2008, 2009, dan 2010.

Pada 2007, kekasih bintang pop Shakira tersebut menjalani masa pinjaman di Real Sociedad dari raksasa Premier League Manchester United.  Selain menunggak pajak, Pique juga didenda 9.000 euro (sekitar Rp 127,7 juta) karena keterlambatan pembayaran.

“Pique tidak setuju dengan kalkukasi yang dilakukan oleh Dinas Pajak Spanyol. Dia akan membawa masalah ini ke pengadilan. Jadi, tidak akan ada uang yang di berikan,” tulis La Vanguardia.         Dalam beberapa bulan terakhir pemerintah Spanyol memang rajin menginvestigasi beberapa pemain karena permasalahan pajak. Kasus paling terkenal adalah yang superstar Barcelona yang juga rekan setim Pique, Lionel Messi.


Pemain berjuluk La Pulga alias Si Kutu tersebut menghadapi tuntutan pengemplangan pajak lebih dari 3,2 juta pounds atau sekitar Rp 60,7 miliar. Jika sampai Messi bersalah, ancaman hukumannya bisa mencapai enam tahun penjara.
Hal tersebut memang sesuai dengan peraturan pajak Spanyol. Jika ada pihak yang menunggak pajak lebih dari 470 ribu pounds (sekitar Rp 8,9 miliar), yang bersangkutan bisa dihukum sampai enam tahun penjara.

Kalau tidak mau masuk jeruji besi, Messi bisa “berdamai”. Namun, bintang asal Argentina tersebut harus membayar denda yang sangat tinggi. Jumlahnya menembus 19,2 juta pounds (sekitar Rp 364,2 miliar).

Kasus pajak bisa saja membuat Pique hengkang dari Spanyol. Salah satu tim yang tertarik untuk mendatangkan produk asli La Masia tersebut adalah United, tim yang Pique bela pada 2004 sampai 2008. (nur/ca)