Nilmaizar Kembali Latih Semen Padang

Nilmaizar.
Nilmaizar.
Nilmaizar.

POJOKSATU – Terkuak sudah teka-teki siapa yang bakal menggantikan Jafri Sastra sebagai pelatih Semen Padang FC. Penggantinya adalah muka lama, yang pernah meraih sukses bersama tim berjuluk Kabau Sirah tersebut. Dia adalah Nil Maizar.

Kepastian tersebut disampaikan Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Daconi, kepada Padang Ekspres (Grup Pojoksatu.id), tadi malam (24/1).

“Manajemen memang sudah melakukan pembicaraan dengan Nil tadi (kemarin, red). Dan Nil menyatakan kesediannya,” sebut Daconi.

Lalu apa yang jadi pertimbangan manajamen Semen Padang FC menunjuk mantan pelatih Timnas Indonesia itu?


“Semua orang tahu, Nil berpengalaman dan sebagai pelatih dia juga telah memiliki prestasi tingkat nasional. Selain itu, dia juga karyawan tetap PT Semen Padang. Kami ingin memberdayakan orang dalam. Itu intinya kami memanggil Nil,” ucap Daconi.

Dihubungi via ponsel, Nil Maizar mengaku, kalau manajemen Semen Padang FC memang telah memintanya untuk kembali mengarsiteki tim kebanggan urang awak tersebut.

“Benar, tadi manajemen telah menghubungi saya. Kemungkinan saya ke Padang Senin (26/1) besok.  Insya Allah saya siap kalau memang diberi kepercayaan lagi oleh manajemen,” tutur pelatih asal Payakumbuh itu.

Namun, Nil menegaskan, hingga kemarin belum ada hitam di atas putih antara dia dan manajemen Semen Padang FC.

“Saya saat ini sedang berada di Jakarta. Senin saya akan ke Padang bertemu dengan manajemen,” katanya.

Sebagai pelatih, Nil Maizar pernah menukangi Kabau Sirah dari 2010 hingga 2012. Dalam dua tahun tersebut, dia membawa tim yang didanai pabrik semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu finis di peringkat empat Indonesia Super League (ISL) 2010/2011.

Di musim berikutnya, saat Semen Padang FC berhasil menjadi kampiun Indonesia Premier League (IPL), Nil sempat membesut Hengki Ardiles dkk dalam setengah kompetisi IPL 2011/2012, sebelum akhirnya ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan keduanya menangani Kabau Sirah, tugas yang diemban Nil Maizar tidaklah ringan. Di mana, membangkitkan mental Hengki Ardiles dkk yang baru saja menelan tiga kekalahan beruntun dalam turnamen pramusim lalu, adalah pekerjaan rumah pertamanya.

Kemudian, dengan materi pemain pas-pasan pada musim lalu, prestasi Semen Padang FC di tangan pelatih lama, Jafri Sastra tidak bisa dianggap remeh.
Pelatih asal Tabing Padang itu mampu membuat Kabau Sirah bersaing dengan tim-tim elit seperti Persib Bandung, Arema Cronus, dan Persija Jakarta. Di mana tim yang bermakas di Indarung, Padang itu, mampu menembus babak delapan besar dan nyaris melangkah ke semifinal.

Ditambah dengan prestasi yang diukir Nil pada kesempatan pertamanya menangani tim ini sekitar lima tahun lalu, dengan demikian, Nil mesti mampu membawa Semen Padang FC bersaing di papan atas, bila tak ingin dicap gagal. Bagaimana, Nil? (jpnn/ps)