Jawara Liga Jepang Permalukan Persija di SUGBK

Laga persahabatan Persija lawan Gamba Osaka di SUGBK, Sabtu (24/1) malam. Gamba menang 4-0.
Laga persahabatan Persija lawan Gamba Osaka di SUGBK, Sabtu (24/1) malam. Gamba menang 4-0.
Laga persahabatan Persija lawan Gamba Osaka di SUGBK, Sabtu (24/1) malam. Gamba menang 4-0.

POJOKSATU – Persija Jakarta mendpat pelajaran penting dari jawara J-League, Gamba Osaka, dalam laga persahabatan bertajuk Waku-Waku Panasonic Cup yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/1) malam. Meski harus menanggung malu kebobolan empat gol tanpa balas. Namun dari laga ini, Persija bisa memetik banyak pelajaran berharga jelang bergulirnya ISL.

Persija memang sempat beberapa kali mengancam pertahanan Gamba Osaka, namun juara Liga Jepang itu menunjukkan kelasnya dengan ketenangan lini belakang. Keunggulan skil pemain tamu juga menjadi faktor dominannya Gamba pada laga ini.

Sebenarnya Gamba cukup kesulitan menembus pertahanan Persija di awal babak pertama. Bahkan sampai menit ke-30, belum ada gol tercipta. Baru pada menit 35, eks Bayern Munich Takashi Usami  tak menyia-nyiakan kesempatan ketika mampu merangsek masuk ke dalam kotak penalti. Mampu lepas dari kawalan pemain belakang Persija, Usami pun dengan mantap menjaringkan bola ke gawang Persija. 1-0 untuk Gamba.

Selepa jeda, Gamba melakukan beberapa pergantian termasuk menarik ke luar Usami untuk digantikan oleh Anderson Oliveira.  Menit ke-56, Gamba mencetak gol kedua mereka lewat Lins De Brito. Bola yang dikuasai Ismed Sofyan mudah saja direbut Lins untuk kemudian melepaskan tembakkan jarak jauh yang memperdaya Andritany yang telah mati langkah. 2-0.


Persija sempat mengancam lewat Kabayev dan tendangan bebas Ismed. Namun usaha dari kedua pemain tersebut belum bisa memperkecil keadaan. Gamba sendiri melakukan pressing ketat lewat Lins dan Anderson. Sementara pemain tengah Persija kerap terlampau jauh untuk menerima bola.

Persija kembali kejebolan di menit ke-72, lagi-lagi Lins Brito yang mencatatkan namanya di papan skor. Lini belakang Persija begitu rapuh sehingga Lins dapat dengan mudah tanpa kawalan melepaskan tembakan usai menerima umpan tarik dari sisi kanan. 3-0.

Tim Macan Kemayoran kembali dibuat gigit jari dengan gol keempat dari Gamba di menit 86′. Pertahanan rapuh lagi-lagi jadi sorotan, kali ini Anderson yang dengan leluasa menyundul bola di kotak penalti usai menerima umpan dari sisi kanan. Gol tersebut pun jadi gol penutup di laga ini. 4-0 untuk Gamba Osaka. (fat/ps)