Sensasi Plus Investasi

Martin Odegaard
Martin Odegaard
Martin Odegaard

POJOKSATU- Real Madrid membuat sensasi di bursa Januari ini.Mereka baru saja merekrut pemain belia Martin Odegaard dari klub Norwegia Stromsgodset.  Nah, Odegaard menjadi sensasi transfer di musim dingin ini, karena usianya yang baru 16 tahun.  Meski masih remaja, tapi Los Blancos-julukan Real Madrid berani menebusnya dengan banderol senilai GBP 2,3 Juta (sekitar Rp 43 miliar).
Pemain yang sudah mencatat tiga caps di timnas senior Norwegia itu juga layak menyandang predikat pemain belia dengan gaji tertinggi.  Pasalnya, Real berani memberikan bayaran sebesar GBP 80 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar per pekan !

Perjuangan Real untuk mendapatkan wonderkid Norwegia ini jelas tak mudah.  Mereka harus bersaing dengan sejumlah klub besar Eropa seperti Liverpool, Chelsea, Arsenal Manchester United, dan Bayern Muenchen.  Bahkan, Liverpool sempat  mengajak Odegaard tur ke Anfield, sekaligus menikmati sesi latihan di Melwood.  Namun, pada akhirnya dia lebih memilih bergabung dengan Real.

Odegaard juga tak kecewa jika pada musim pertamanya belum bisa satu tim dengan Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Sergio Ramos dan sederet Galacticos atau gugusan bintang Real lainnya.  Karena usianya masih belia, dia harus dimatangkan dulu di Real Madrid Castilla (Real Madrid junior) yang ditangani Zinedine Zidane.  Nah, keberadaan Zidane itu juga termasuk salah satu alasan Odegaard menerima tawaran Real.

“Tim ini memberi peluang terbesar bagi saya untuk berkembang.  Mereka menawari saya dua sisi yang sama bagusnya, baik dari sisi olahraga maupun saya secara pribadi,” papar Odegaard kepada Marca.


Odegaard berjanji akan mengejar peluang bermain di skuad senior Real musim depan. Dia tidak mau berandai-andai seberapa lama bertahan di tim Real Castilla.  “Saya juga tak merasa terbebani, meski saya datang dari liga yang levelnya jauh di bawah Real.  Yang ada dalam benakku sekarang adalah, bagaimana menikmati transfer ini,” paparnya.

Dilansir dari Marca, pihak Real diwakili juru bicaranya, Emilio Butragueno menyatakan ketertarikannya kepada Odegaard lebih karena talenta tidak biasa yang dimilikinya. Saat masih di Norwegia, Odegaard menjadi termuda Liga Norwegia dan pencetak gol temuda dengan usia 15 tahun. Dia disebut-sebut sebagai Messi Baru.

“Sebuah kehormatan bagi kami mendapatkan pemain yang mempunyai talenta tidak biasa seperti Odegaard ini. Dengan masuknya Odegaard ke dalam tim ini, kami pun mempunyai harapan yang tinggi untuknya,” ujar Burtragueno dalam sambutan selamat datangnya.

Dalam pernyataannya, Butragueno menegaskan pihaknya ingin mengembangkan talenta yang dimiliki Odegaard. Dia pun berharap program jangka panjang bisa dilakukan dari transfer Odegaard ini. Karenanya, Real memberikan jaminan bahwa baik Odegaard atau keluarganya betah di Madrid.

Dengan tetap bersama Real, Butragueno pun optimistis si pemain bakal sukses di klub ini. “Kami tidak meragukan keberhasilan sudah ada di depan Anda ketika berada di Real. Dengan senang hati kami bersama Anda di sini, saya berharap Anda beruntung,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Direktur di Real itu.

Makanya, program jangka panjang sudah dirancang manajemen Real. Salah satunya adalah dengan menyiapkan satu slot bagi Odegaard untuk dibawa dalam tur pramusim Real untuk persiapan musim kompetisi 2015-2016 mendatang. “Dari situ akan diketahui apakah pelatih (Carlo Ancelotti, Red) akan memasukkan ke skuad atau tidak,” cetusnya dikutip dari AS.(ren)