Penalti Messi Menangkan Barcelona

Lionel Messi.
Lionel Messi.
Lionel Messi.

POJOKSATU – Sukses Barcelona menaklukan Atletico Madrid 3-1 di ajang La Liga, tak mampu diulangi dengan baik di ajang COpa del Rey. Pada leg pertama perempat final, Kamis (22/1) dinihari tadi, Barcelona hanya menang tipis 1-0. Itu pun lewat titik putih jelang laga usai.

Meski demikian, kemenangan tanpa kebobolan ini akan menjadi modal cukup baik menghadapi leg kedua pekan depan di kandang Atletico.

Barcelona memang menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang. Kiper Atletico, Jan Oblak pun dipaksa berjibak menahan gempuran trio Messi, Suarez dan Neymar.

Los Colchoneros juga bekerja keras untuk menutup ruang gerak pemain-pemain tuan rumah. Sementara Griezmann dan Fernando Torres menjadi andalan dalam serangan balik. Babak pertama usai tanpa gol tercipta.


Memasuki babak kedua, Diego Simeone menarik Torres dan memasukkan Mario Mandzukic. Sementara pertahanan Atletico yang dipimpin Godin terus bermain dengan konsentrasi level tinggi untuk membendung serangan-serangan Barca dari kedua sisi.

Laga tersisa 10 menit namun Barcelona tak kunjung bisa mencetak gol. Berbagai cara pun dilakukan. Termasuk percobaan diving Suarez yang justru berbuah kartu kuning baginya.

Tapi aksi diving berikutnya yang dilakukan Sergio Busquets sukses mengelabui wasit Gonzalez. Berawal dari tendangan bebas Messi yang mengenai pagar betis. Bola sempat mengenai kaki Sergio yang kemudian mencoba melakukan shooting.

Merasa tak bisa menjangkau bola, pemain Timnas Spanyol itu lantas menjatuhkan diri. Seolah ditekel Godin. Dari tayangan lambat, jelas tidak terjadi kontak fisik yang membuat Sergi harus terjatuh. Tapi wasit sudah memutuskan penalti untuk Barcelona.

Jan Oblak dengan baik membaca arah tendangan penalti Lionel Messi tapi tak cukup cepat untuk menghalau rebound yang dilesakkan penyerang Argentina itu di menit 85. Barcelona pun hanya mengantongi modal sebiji gol menuju leg kedua yang akan dihelat Kamis 29 Januari mendatang di Vicente Calderon.(fat/ps)

Susunan pemain
Barcelona : Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Jordi Alba; Busquets, Rakitic (Xavi 77), Iniesta (Bartra 88); Neymar, Messi, Suarez.

Atletico Madrid : Oblak; Juanfran, Miranda, Godin, Siqueira; Koke, Gabi (Raul Jimenez 87), Suarez, Arda; Griezmann (Raul Garcia 66), Torres (Mandzuikic 45)

Statistik pertandingan
Shots (on target) : 2 (4)-8 (1)
Tendngan sudut : 6-5
Pelanggaran : 11-12
Ball poss : 68-32.