La Liga Masih Nomor Satu, Liga Indonesia Peringkat 74

la liga, david villa, barcelona,
Logo La Liga.
Logo La Liga.
Logo La Liga.

POJOKSATU – La Liga kembali menjadi liga terkuat di dunia versi International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). Liga kasta tertinggi di Spanyol itu menjadi terbaik 2014 mengungguli liga-liga papan atas lainnya seperti Serie A Italia maupun English Premier League Inggris.

Performa empat klub La Liga seperti Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla dan Barcelona, ikut membantu penilaian yang dilakukan IFFHS. Torehan ini juga sekaligus mempertahankan status liga nasional terkuat yang juga diraih La Liga tahun 2013.

IFFHS sendiri adalah federasi yang sudah lama dikenal objektivitas dan diakui dunia tingkat akurasinya. Penilaian dilakukan dalam yang rentang 1 Januari hingga 31 Desember 2014. Poin La Liga jauh meniggalkan peringkat kedua. La Liga punya poin 1259, sedangkan tempat kedua yang ditempati Serie A Italia punya total poin 998. [Ini Peringkat Liga Terkuat 2014 IFFHS].

Bagaimana dengan Indonesia Super League Indonesia? Ternyata meski masih banyak mengundang kritik, IFFHS menempatkan peringkat Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Jika di tahun 2013 ada di peringkat 95, maka di 2014  Indonesia ada di peringkat 74. (adk/jpnn/ps)