Arema, GU, dan PBR Lolos Verifikasi Ulang

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU- PT Liga Indonesia (LI) akhirnya menyelesaikan rapat pleno untuk enam klub yang bermasalah finansial, Selasa (20/1) siang. Tiga klub akhirnya dinilai layak tampil di Indonesia Super League (ISL) dan lolos verifikasi ulang finansial.

“Kami sudah rapat dengan direksi terkait status enam klub kategori lolos bersyarat. Tiga klub sudah memenuhi syarat dan dianggap valid untuk lanjut, tiga klub yang valid Arema Cronus, Gresik United (GU), dan Pelita Bandung Raya (PBR),” terang Tigor usai rapat.

Perubahan status itu diberikan setelah ketiga klub tersebut memenuhi persyaratan dari PT LI. GU dan PBR valid karena sudah melakukan pembayaran sebagian hutang gaji, sehingga kontribusi komersial dari PT LI cukup signifikan untuk menutupi tunggakan.

Arema sendiri sudah melakukan penyesuaian proyeksi keuangan. Dari yang awalnya berjumlah Rp 66 Miliar berubah menjadi Rp 45 Miliar


“Penyesuaiana proyeksi pendapatan dan anggaran sudah sesuai dan realistis. Jadi itu yang menjadi pertimbangan,” ungkapnya.

Karena itu, tiga klub tersebut sudah aman secara finansial untuk terjun di kompetisi ISL 2015. Dengan keputusan itu, masih ada tiga klub lain yang lolos bersyarat harus menentukan nasibnya di rapat umum pemegang saham (RUPS) PT LI pada 31 Januari nanti. (upi/mas)