Target Juara, Ini Budget Enam Klub Besar ISL

Logo ISL.
Logo ISL.
Logo ISL.

POJOKSATU –  Mengejar juara Indonesia Super League (ISL) 2015 membutuhkan budget yang tak sedikit. Prestise kompetisi sepak bola tertinggi di tanah air itu, membuat klub-klub rela mengeluarkan dana sampai puluhan miliar rupiah.

Berapa dana yang dibutuhkan untuk mengarungi kompetisi ISL? CEO PT Liga Indonesia (LI) Joko Driyono menyebut nilai minimal agar klub bisa berkompetisi, adalah Rp 15 miliar.

“Minimal butuh Rp 15 M. Tapi karena ada klub yang tidak mampu memenuhi jumlah itu, maka harus tidak lolos untuk ikut ISL 2015,” kata Joko.

Tapi, jika targetnya bukan hanya sekedar numpang lewat, maka membutuhkan lebih dari itu.Alhasil, klub-klub pun jor-joran dalam belanja pemain.


Tak peduli musim lalu masih memiliki hutang gaji, yang terpenting skuad dengan pemain berkualitas di musim ini didapatkan. Untuk musim ini, ada banyak klub menargetkan diri menjadi juara.

Selain sang juara bertahan Persib Bandung, Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, dan Arema Cronus adalah enam tim besar yang mengincar gelar juara.

Anggaran yang mereka siapkan pun mencapai dua sampai tiga kali lipat, bahkan lebih, jika dibandingkan dengan tim-tim yang numpang lewat. Mereka rata-rata mengeluarkan Rp 30 miliar- Rp 50 miliar.

“Untuk menjadi juara agaran memang besar. Apalagi Persib juga tampil di Liga Champions Asia, jadi butuh dana tambahan. Kami sedang melakukan pembicaraan dengan sponsor untuk menaikkan nilai kerja sama,” kata manajer Persib Umuh Muchtar. (upi/mas/jpnn)

Berikut Estimasi Anggaran Enam Klub Besar ISL

Persib Bandung (juara bertahan) Rp 40 – 45 miliar

Persipura Jayapura Rp 42 – 45 miliar

Arema Cronus Rp 50 miliar

Persija Jakarta Rp 40 miliar

Semen Padang Rp 38-43 miliar

Sriwijaya FC 35- 39 miliar