Tanpa Anderson, Lazio Terancam

Serie A.
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Pemain terbaik Lazio Felipe Anderson diprediksi bakal absen saat I Biancoceleste menghadapi tuan rumah Torino di babal 16 besar Coppa Italia, dinihari nanti. Ini menjadi kehilangan besar bagi Lazio yang sangat bergantung pada Anderson dalam beberapa laga terakhir. Peluang skuad besutan Stefano Pioli untuk lolos ke babak perempat final Coppa Italia, ikut terancam.

Anderson gagal bersinar pada musim pertamanya di klub ibukota itu. Tapi di musim keduanya, Anderson menjelma jadi elemen vital di lini depan I Biancoceleste. Bermain dalam 8 laga sebagai starter di Serie A, gelandang 21 tahun itu berhasil menyumbang lima gol untuk Lazio. Total dia melesakkan 5 gol dan mengkreasi 4 assist di Serie A. Hebatnya, dalam 8 laga tersebut, Lazio hanya menelan 2
kekalahan saja.

Namun sial bagi Pioli. Dia harus menarik Anderson keluar pada menit 65 dalam Derby della Capitale yang berkesudahan imbang 2-2, pekan lalu. Pemain asal Brasil itu digantikan oleh Onazi akibat cedera. “Dia (Anderson) cedera, tak bisa berlari lagi. Saya berharap cederanya tidak serius,” jelas Pioli usai laga seperti dilansir Toro News.

Belum ada kepastian dari Pioli perihal perkembangan kondisi Anderson. Yang jelas, jika absen, itu akan mempengaruhi kemampuan dan kreativitas I Biancoceleste saat menyerang pertahanan Torino. Terlebih, saat ini ketajaman barisan depan Lazio yang dihuni dua bomber utama, Miroslav Klose dan Filip Djordjevic, sedang mengalami penurunan. Ketajaman keduanya menurun sehingga memaksa Pioli untuk memaksimalkan lini tengah timnya dalam beberapa laga terakhir.


Pioli sebenarnya bisa berjudi dengan menurunkan penyerang muda Balde Keita yang digadang sebagai penyerang masa depan Lazio. Tapi itu akan menghasilkan resiko yang cukup besar. Sebab, Keita tidak banyak dimainkan oleh Pioli di sepanjang musim ini. Dengan situasi itu, Pioli tampaknya akan menerapkan permainan direct ball sekaligus memanfaatkan kelihaian Klose dalam mengeksekusi bola-bola set pieces hasil sepak pojok atau tendangan bebas.

Selain terancam tak diperkuat Anderson, Lazio juga hampir dipastikan tak bisa diperkuat  bek asal Belanda Stefan de Vrij yang juga mengalami cedera saat berlaga di Derby della Capitale. Kondisi yang tidak menguntungkan ini akan dieksploitasi oleh barisan depan Torino yang dihuni dihuni dua bomber veteran Fabio Quagliarella dan Amauri.

Situasi itu juga membuat kans Torino semakin terbuka lebar untuk memenangkan laga dinihari nanti. Apalagi kepercayaan diri  Il Toro sedang meningkat setelah dalam enam laga terakhir tak pernah menelan kekalahan.

Teranyar, Torino menahan imbang AC Milan di kompetisi Serie A setelah sempat tertinggal lebih dulu. Hasil tersebut, ditambah dengan dukungan langsung dari fans, bisa menjadikan Torino sebagai ancaman serius bagi Lazio. (ish)