Jelang Ballon d’Or, Ini Torehan Messi

Lionel Messi.
Lionel Messi.
Lionel Messi.

POJOKSATU – Lionel Messi kembali bersaing dengan Cristiano Ronaldo menjadi finalis Ballon d’Or 2014. Namun, megabintang Barcelona berjuluk Si Kutu itu dianggap tak cukup mumpuni untuk merebut gelar pemain terbaik.

Pasalnya, catatan Messi kurang moncer sepanjang 2014 lalu. Messi tak bisa membantu Barcelona merebut gelar bergengsi di semua ajang. Namun, Messi tetap memiliki catatan individu yang cukup oke.

Laman BBC, Senin (12/1) menulis, pemain asal Argentina itu mampu menciptakan 49 gol dalam 53 pertandingan sepanjang 2014. Rinciannya ialah 32 gol lewat kaki kiri, 15 gol dari kaki kanan serta dua gol melalui tandukan.

Selain itu, Messi juga mampu menciptakan 17 assist dalam 53 pertandingan. Messi juga berhasil menahbiskan diri sebagai topskor sepanjang masa La Liga. Megabintang berusia 27 tahun itu menyalip rekor Telmo Zarra yang sudah bertahan selama 59 tahun.


Tak hanya itu, Messi juga mampu mengantarkan Argentina melaju ke final Piala Dunia 2014. Messi bahkan ditahbiskan sebagai pemain terbaik dalam turnamen empat tahunan itu. (jos/jpnn)