Odegaard Merapat ke Real

Martin Odegaard
Martin Odegaard

POJOKSATU- Teka-teki kemana wonderkid asal Norwegia Martin Odegaard akan berlabuh mulai menemukan titik terang. Gelandang serang remaja berusia 16 tahun tersebut agaknya bakal merapat ke Santiago Bernabeu, membela Real Madrid.

Kemarin, pemain yang tiga kali membela Tim Nasional Norwegia tersebut tertangkap kamera sedang menonton leg pertama babak 16 besar Copa del Rey antara Real melawan Atletico di Vicente Calderon.

Tabloid olahraga yang berbasis di Madrid, AS, mengklaim bahwa Real akan selangkah lagi mendapatkan pemain Stromsgodset itu dengan harga 4 juta Euro (Rp 59,4 miliar).

Odegaard datang ke ibukota Spanyol tersebut pada Selasa (6/1). Dia berlatih dengan tim cadangan di pusat latihan Real di Valdebebas pada Kamis. Odegaard juga sudah bertemu dengan beberapa pemain tim utama. Gelandang kelahiran Drammen, Norwegia itu juga direncanakan berlatih bersama Real Madrid Castilla hari ini.


Kontrak Odegaard dengan Stromsgodset akan habis pada Juni mendatang. Dan pemain bertinggi 176 cm itu sudah berencana hengkang pada musim panas nanti. Karena tidak ingin kehilangan asetnya secara cuma-cuma, Stromsgodset berancang-ancang menjual Odegaard pada jendela transfer Januari ini.

Sebelum ke Real, Odegaard dihubung-hubungkan dengan sejumlah klub seantero Eropa. Antara lain, Barcelona, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, sampai Bayern Muenchen.
Tetapi Hans Erik Odegaard, sang ayah, dan agennya, Tore Pedersen lebih terkesan dengan Real karena fasilitas latihan di Valdebebas sangat canggih.
Sejumlah surat kabar di Norwegia mengklaim bahwa Odegaard akan mendapatkan jersey bernomor punggung 16 di Real. Kalau transfer ini terealisasi, Odegaard akan menjadi rekrutan asal Skandinavia kedua Real musim ini.

Sebelumnya, Los Blancos mengontrak penyerang Finlandia Eero Markkanen, dengan harga 1,6 juta Euro (Rp 23,7 miliar) musim panas lalu. Markkanen sudah mencetak dua gol untuk tim Castilla.

Menurut mantan full back Liverpool John Arne Riise beban Odegaard sangat besar. Sebagai pemain termuda dalam sejarah Eropa yang bermain untuk timnas pada usia 15 tahun dan 300 hari, ekspektasi kepada Odegaard terlalu tinggi.

“Pembicaraan dengan Real Madrid, Bayern Muenchen, Barcelona, Liverpool, dan Arsenal membuat harapan kepadanya begitu besar. Keluarga harusnya melindungi dan mengawal karirnya,” ucap Riise kepada Daily Mail. “Pasti kondisinya akan sangat berat bagi dia. Karena setiap orang sekarang memperhatikan dia,” imbuh pemain APOEL tersebut. (nur)