Lagi, Los Blancos Tumbang di Derby Madrid

Jose Gimenez mencetak gol kedua untuk memastikan kemenangan Atletico atas Real Madrid pada leg pertama babak perdelapan final di Vicente Calderon, Kamis (8/1) dini hari WIB.
Jose Gimenez mencetak gol kedua untuk memastikan kemenangan Atletico atas Real Madrid pada leg pertama babak perdelapan final di Vicente Calderon, Kamis (8/1) dini hari WIB.
Jose Gimenez mencetak gol kedua untuk memastikan kemenangan Atletico atas Real Madrid pada leg pertama babak perdelapan final di Vicente Calderon, Kamis (8/1) dini hari WIB.

POJOKSATU – Real Madrid kembali dipermalukan saudara sekotanya, Atletico Madrid, dalam duel leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Vicente Calderon, Kamis (8/1) dinihari tadi. Ini merupakan kekalahan kali ketiga Madrid secara beruntun dari Atletico.

Meski mendominasi jalannya pertandingan, Madrid ternyata tak mampu menjebol gawang tuan rumah yang dikawal Oblak. Sementara Atletico mencatat sepasang gol di babak kedua melalui Raul Garcia dari titik putih dan Jose Gimenez memanfaatkan sepak pojok.

Ini merupakan modal yang bagus bagi anak asuh Diego Simeone ketika melawat ke Santiago Bernebau nanti. Sementara bagi Madrid, kekalahan ini menambah hasil buruk Los Blancos dalam dua laga perdananya di awal Tahun 2015.

Dalam pertandingan ini, Diego Simeone memainkan Fernando Torres dan Jan Oblak berada dalam starting eleven. Sementara Carlo Ancelotti mengistirahatkan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan.


Belum genap satu menit, Oblak langsung membuktikan kemampuannya ketika ia menghalau sundulan terarah Sergio Ramos. Pertahanan Atleti masih belum padu sehingga mereka memberikan dua tendangan penjuru bagi sang rival.

Pada menit 20, Varane hampir saja melakukan blunder di pertahanannya, namun dengan cepat pula ia berlari ke belakang dan melakukan tekel yang sangat baik untuk menghentikan laju Griezmann.

Di penghujung babak pertama, Los Merengues meningkatkan tempo permainan, namun seperti biasa, Atleti sudah menemukan ritme dan solid di belakang. 45 menit pertama usai tanpa gol.

Tanpa pergantian pemain, kedua tim kembali melanjutkan pertandingan di babak kedua. Setelah tembakan Griezmann dan Bale belum mengubah kedudukan, wasit menunjuk titik putih pada menit 58.

Sergio Ramos menarik jatuh Raul Garcia sehingga bek timnas Spanyol itu diberi kartu kuning. Raul Garcia sendiri yang melakukan eksekusi dan Los Colchoneros pun memetik keunggulan.

Fernando Torres yang belum memberi kontribusi nyata ditarik keluar dan digantikan oleh Koke saat pertandingan memasuki menit 59. Tak beberapa lama, Ancelotti pun menurunkan Cristiano Ronaldo sebagai pengganti James. Unggul penguasaan bola, Los Blancos tak mampu menghasilkan killer pass di pertahanan tuan rumah. Dan gawang Navas kembali bergetar di menit ke-76.

Untuk kedua kalinya dalam dua pertandingan berturut-turut Madrid kebobolan dari skema tendangan penjuru. Jose Gimenez menempatkan namanya dalam papan skor setelah menyundul bola ke tiang jauh di luar jangkauan Navas.

Atletico makin nyaman dan mereka memilih untuk melindungi keunggulan dua golnya di mana hal tersebut membuat Real Madrid menjadi lebih frustasi. Peluit panjang berbunyi, Los Rojiblancos keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini menjadi yang ketiga secara beruntun setelah Agustus dan September lalu Atletico juga membekap sang peraih La Decima.(fat)

Susunan pemain
Atletico Madrid : Oblak; Gamez, Godin, Gimenez, Lucas; Mario, Gabi, Saul (Arda 68), Raul Garcia; Griezmann (Mandzukic 75), Torres (Koke 59)

Real Madrid : Navas; Arbeloa (Carvajal 83), Varane, Ramos, Marcelo; Kroos, Khedira; Bale, Isco, James (Cristiano 63); Benzema (Jese 75).

Statistik pertandingan
Shots (on target) : 9 (2) – 10 (3)
Tendangan sudut : 3 – 8
Pelanggaran : 23 – 12
Ball poss : 28 – 72.