Preview Juventus vs Inter: Sulit Mengulang Memori Manis 2012

Carlos Teves diandalkan Juventus membobol gawang Inter Milan, Rabu (7/1) dinihari nanti.
Carlos Teves  diandalkan Juventus membobol gawang Inter Milan, Rabu (7/1) dinihari nanti.
Carlos Teves diandalkan Juventus membobol gawang Inter Milan, Rabu (7/1) dinihari nanti.

POJOKSATU – Duel klasik Juventus versus Inter Milan akan tersaji dalam lanjutan Serie A, Rabu (7/1) dinihari (Live Pukul 03.00 WIB di Kompas TV dan beIN Sports 1). Juventus diunggulkan dalam laga ini. Selain karena bermain di Juventus Stadium, penampilan tuan rumah jauh lebih konsisten ketimbang tim tamu.

Namun Inter punya kenangan manis mengentikan rekor tak terkalahkan Juventus di kandang pada November 2012. Padahal ketika itu, Juve tak terkalahkan di kandang. Sayangnya dengan kondisi labil Inter musim ini, sulit mengharapkan La Beneamata mengulang kembali sukses dua tahun silam itu.

Juve musim ini juga masih belum terkalahkan di Juventus Stadium. Total Bianconeri tak terkalahkan di 37 laga kandang dimulai pada akhir 2012 silam.

Juventus sendiri tengah mencari cara membangkitkan kembali moral usai dikalahkan Napoli di Super Coppa. Makanya, asuhan Massilimiano Allegri mengincar poin penuh pada laga yang dulu dilabeli Derby D’Italy. Namun setelah Juventus punya pengalaman berkiprah di Serie B, label itu sudah tidak pas.


Carlos Tevez akan kembali jadi tumpuan Juventus di lini depan. Striker asal Argentina itu sementara masih menjadi yang tersubur di pentas Serie A. Tetapi jika keran gol Tevez sedang macet, Juve punya opsi lainnya dengan lini tengah yang bisa diandalkan untuk mencetak gol melalui aksi Arturo Vidal yang menjadi topskor kedua Juve setelah Tevez.

Jika melihat produktivitas Juve, Inter Milan patut waspada. Apalagi pertahanan Inter boleh dibilang buruk. Sudah kebobolan 23 kali hingga pekan ke-16. Hanya tiga tim di zona degradasi plus Palermo dan Hellas Verona yang kebobolan gol lebih banyak dari Inter Milan musim ini.

Musim ini juga tercatat menjadi start terburuk Inter Milan di millenium baru. Tetapi kedatangan Roberto Mancini perlahan mengembalikan rasa percaya diri Nerazzurri. Terlebih setelah transfer Lukas Podolski sudah rampung dan kemungkinan akan mendapat kesempatan turun menghadapi Juventus.(fat)

Prakiraan Pemain

Juventus (4-3-1-2)
Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Pirlo, Pogba; Vidal; Tevez, Llorente.

Inter Milan (4-3-1-2)
Handanovic; D’Ambrosio, Ranocchia, Juan Jesus, Campagnaro; Hernanes, Medel, Kuzmanovic; Kovacic; Icardi, Palacio.

Head to head

-03 Feb 2014 Juventus vs Inter Milan     : 3-1 (Serie A)
-14 Sep 2013 Inter Milan vs Juventus     : 1-1 (Serie A)
-07 Aug 2013 Juventus vs Inter Milan     : 1-1*P (ICC)
-30 Mar 2013 Inter Milan vs Juventus     : 1-2 (Serie A)
-04 Nov 2012 Juventus vs Inter Milan     : 1-3 (Serie A)

Data dan Fakta

-Juventus dan Inter sudah bertemu sebanyak 162 kali di pentas Serie A dengan Juve memimpin 77 kemenangan sedangkan Inter Milan 45 kali menang.
-Inter paling sering kalah melawan Juventus dibandingkan dengan tim Serie A lainnya.
-Nerazzurri juga sudah kebobolan 235 gol melawan Bianconeri, lebih banyak dibandingkan saat melawan tim Serie A lainnya.
-Juventus berhasil mengalahkan Inter Milan dengan skor 6-1 di bulan Juni 1961, kemenangan tersebut menjadi kemenangan terbaik Bianconeri sepanjang sejarah Serie A.
-Carlos Tevez mencetak total dua digit gol pada 6 musim terakhirnya di pentas Premier League dan Serie A.
-Mauro Icardi sudah mencetak 4 gol pada 3 penampilannya melawan Juventus di Serie A.
-Mateo Kovacic mencetak dua gol pada dua laga terakhirnya, jumlah gol yang sama yang dicetaknya pada 59 laga Serie A sebelumnya.(fat)

————————-