Review Valencia vs Madrid: Valencia Hentikan Laju Los Blancos

Cristiano Ronaldo.
Cristiano Ronaldo.
Cristiano Ronaldo.

POJOKSATU – Catatan 22 kemenangan beruntun Real Madrid di semua ajang resmi akhirnya terhenti di Mestalla Senin (5/1) dinihari WIB. Los Blancos pulang tanpa membawa poin setelah gol Barragan dan Otamendi membalikkan keunggulan Madrid di babak pertama.

Jalannya Pertandingan

Bintang Los Blancos, Cristiano Ronaldo membungkam pendukung tuan rumah setelah memaksimalkan hadiah penalti di menit ke-14. Wasit menunjuk titik putih setelah Negredo kurang sempurna mengontrol tendangan bebas Kroos. Bermaksud menahan bola dengan dada, bola malah terlihat jelas menyentuh tangannya.

Tim Kelelawar (julukan Valencia) langsung mencoba mengejar ketertinggalan. Sebuah peluang diperoleh Negredo, namun tendangan saltonya masih jauh dari sasaran.


Sepanjang babak pertama laga berlangsung cepat dan keras. Acap kali benturan antar pemain tak terhindarkan. Pun beberapa insiden menuai protes dari pemain kedua tim.

Bale dan Ronaldo menjadi incaran pemain-pemain valencia. Keduanya kerap mendapat tackle keras dari bek-bek lawan. Wasit pun dibuat kerja keras dalam laga ini. Tercatat tujuh kartu kuning di babak pertama. Lima untuk Valencia dan dua dikolekasi para pemain Madrid.

Sebuah peluang matang diperoleh Ronaldo di menit 25, ketika crossing datar Bale membuat pemain Portugal itu one on one dengan penjaga gawang Valencia. Namun sepakan Ronaldo dari sudut sempit melenceng tipis dari gawang yang sudah kosong.

Menit 40 , Barragan lepas dari kawalan pemain belakang Madrid. Memasuki kotak penalti, melakukan shooting tapi bola membentur Pepe dan hanya melahirkan sepak pojok.

Peluang emas tuan rumah didapat di masa injury time. Sepakan keras Andre Gomes dari luar kotak penalti membentur tiang gawang, bola rebound berusaha disambar oleh Alcacer, namun Casillas berhasil membuat penyelamatan gemilang dengan menghentikan bola menggunakan kakinya. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan sementara tim tamu.

Tempo permaianan diawal babak kedua tidak berbeda jauh dari babak pertama. Kedua tim memeragakan permainan yang cepat nan keras. Menit 52, Valencia sukses menyamakan kedudukan  melalui gol yang dicetak oleh Barragan. Menerima umpan dari Gaya, Barragan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, bola membentur Pepe dan berubah arah masuk kedalam gawang Casillas yang telah melompat lebih dulu.

Madrid kembali berusaha menciptakan gol. Ronaldo mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti. Namun bola sepakannya masih bisa diamankan dengan mudah oleh Diego Alves.

Namun justru tuan rumah yang berbalik unggul pada menit ke-65. Tandukan keras Otamendi memanfaatkan umpan tendangan sudut dari Parejo gagal diantisipasi oleh Iker Casillas. Bek Argentina itu membuat stadion Mestalla bergemuruh. 2-1 untuk Valencia.

Madrid semakin gencar melancarkan serangan untuk mencari gol penyama. Tendangan bebas Kroos masih bisa ditinju oleh Alves. Bola liar disambar oleh Benzema, namun bek Valencia masih sigap untuk menghalau bola keluar kotak penalti.

Sejumlah peluang terus diciptakan, namun tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai. Catatan 22 kemenangan Madrid di laga resmi terhenti di Mestalla. Posisinya pun di puncak klasemen terancam digeser Barcelona yang sebentar lagi akan bertanding lawan Real Sociedad.(fat)