Preview Lazio v Sampdoria: Misi Memburu Eropa

Serie A.
Serie A.
Serie A.

POJOKSATU – Hingga separo musim Serie A 2014-2015, Lazio dan Sampdoria mencatat raihan yang cukup memuaskan. Keduanya kompak mengumpulkan 27 poin, berada di posisi ketiga dan kelima klasemen sementara.

Karena itu, duel kedua tim tersebut di Stadion Olimpico, Roma, dini hari nanti WIB akan sangat penting dampaknya. Terutama dalam upaya memperebutkan posisi ketiga klasemen akhir agar bisa lolos ke kualifikasi Liga Champions musim depan.

Kemenangan akan berarti siginfikan. Sebab, Serie A menganut sistem head-to-head untuk menentukan tim yang berhak berada di atas jika ada dua tim yang memiliki nilai sama pada akhir musim.

Seperti musim lalu, agaknya, scudetto Serie A musim ini hanya akan diperebutkan Juventus dan AS Roma. Juve sudah memimpin 12 poin atas Lazio, Sampdoria, dan tim peringkat keempat yang memiliki angka sama dengan Lazio dan Sampdoria, Napoli. Sedangkan Roma terpaut tiga poin dari sang pemuncak klasemen.


Lazio adalah salah satu tim dengan kekuatan penyerangan paling dahsyat musim ini. Dalam 16 pertandingan, I Biancocelesti mencetak 28 gol, sama dengan Roma dan Napoli. Jumlah itu hanya kalah dengan Juventus (34 gol).

Namun, ketajaman itu tidak dibarengi dengan soliditas pertahanan. Gawang rival sekota AS Roma tersebut sudah kebobolan 19 kali di musim ini.

Di Olimpico, Lazio juga hanya sukses dua kali mencatat clean sheet. Yakni, saat mencatat kemenangan 3-0 atas Cesena dan Atalanta pada September dan Desember tahun lalu.

“Setelah liburan tahun baru, kami sudah siap bertarung lagi,” ucap gelandang Lazio Antonio Candreva kepada Lazio Style Radio.

“Sampdoria adalah tim yang sangat bagus. Namun, kemenangan harus kami raih agar kami ada di posisi ketiga,” imbuh pemilik 26 caps untuk tim nasional Italia tersebut.

Candreva benar. I Blucerchiati — julukan Sampdoria — adalah tim yang tangguh dan sulit untuk ditaklukkan. Sama dengan Juventus, Sampdoria sejauh ini hanya menelan satu kekalahan.

Namun, penampilan away Sampdoria tidak seganas saat bermain di kandang sendiri. Dalam delapan pertandingan, Daniele Gastaldello dkk cuma meraih dua kemenangan, lima hasil imbang, dan sekali kalah.

Allenatore Sampdoria Sinisa Mihajlovic menegaskan, memburu tiket ke Eropa musim depan adalah harga mati.

“Saya ingat satu kutipan dari Che Guevara, “Kamu harus melakukan apapun untuk membuat benderamu berkibar setinggi mungkin,”. Target kami jelas, kami akan melakukan apapun untuk bermain di Eropa musim depan,” ucap pemain belakang Lazio era 1998-2004 itu kepada Sky Sports.

“Melawan Lazio kami tidak perlu khawatir. Saya yakin dengan kekuatan tim ini. Dan kami akan pulang dengan hasil sebaik mungkin,” imbuhnya.(fat/jpnn)

Prakiraan Pemain
Lazio (4-2-3-1)
Marchetti; Basta, Radu, de Vrij, Cana; Mauri, Ledesma; Lulic, Parolo, Felipe Anderson; Klose.

Sampdoria (4-3-3)
Romero; De Silvestri, Gastaldello, Mesbah, Regini; Palombo, Soriano, Pedro Obiang; Okaka, Eder, Gabbiadini.

Head to head
06 Apr 2014     Lazio vs Sampdoria 2-0 (Serie A)
24 Nov 2013    Sampdoria vs Lazio 1-1 (Serie A)
12 Mei 2013     Lazio vs Sampdoria 2-0 (Serie A)
22 Des 2012     Sampdoria vs Lazio 0-1 (Serie A)
16 Jan 2011     Lazio vs Sampdoria 1-0 (Serie A)