Ditahan Tim Promosi, City Gagal Dekati Chelsea

David Silva
David Silva
David Silva

POJOKSATU – Manchester City gagal memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen Premier League, Chelsea, saat menjamu tim promosi Burnley di Etihad Stadium Minggu (28/12). City hanya bermain imbang 2-2. Hasil ini membuat City tetap terpaut tiga poin dari Chelsea yang sebelumnya juga bermain imbang 1-1 melawan Southampton.

City sempat unggul dua gol lebih dulu lewat David Silva dan Fernandinho. Namun, peluang untuk memetik tiga pon gagal setelah George Boyd dan Ashley Barnes berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2-.

City memulai pertandingan ini dengan permainan yang sabar. Mereka mencoba membangun serangan dari bawah, lewat kaki ke kaki. Burnley nyaris tak diberi kesempatan untuk menguasai bola. Alhasil, Burnley pun segera melakukan serangan cepat jika mendapat bola.

City yang tampil tanpa penyerang bisa menciptakan banyak peluang namun kesulitan menyelesaikannya. City sangat kreatif di lini tengah namun menjadi sedikit tumpul ketika sudah memasuki area berbahaya lawan.


Setelah berkali-kali mencoba, City akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-23. Penetrasi Jesus Navas dari sayap kanan mampu mengalirkan bola ke David Silva yang berada di area berbahaya Burnley. Silva memutar tubuhnya sebelum melepas tembakan rendah yang tak bisa dihalau Heaton.

City nampak belum puas dengan keunggulan mereka. Anak buah Manuel Pellegrini itu terus mencoba menjebol gawang lawan. Usaha itu kembali berbuah hasil pada menit ke-33.

Samir Nasri yang mencoba melakukan penetrasi di kotak penalti Burnley kesulitan melewati hadangan beberapa pemain lawan. Ia kemudian melepas umpan tarik yang diterima dengan tenang oleh Fernandinho.

Setelah mendapat bola, Fernandinho bergerak satu langkah ke kanan dan kemudian melepas tendangan cantik yang kembali menjebol gawang Burnley untuk kali kedua. Skor 2-0 ini bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Burnley yang saat ini berada di zona degradasi berusaha keras untuk bangkit. Agresivitas itu terbayar ketika babak kedua baru berjalan dua menit.

Pertahanan City lengah dan tak bisa mengantisipasi umpan silang lemah Danny Ings yang diselesaikan dengan mudah oleh George Boyd. Gol ini membuat Burnley semakin percaya diri dan lebih berani menyerang.

City yang sempat kehilangan konsentrasi pada awal babak kedua mulai menemukan kembali superioritas mereka. Namun faktor kelelahan terlihat membuat para pemain City tak bisa menunjukkan performa terbaik mereka.

Di lain pihak, Burnley semakin ngotot dalam melakukan pressing. Usaha keras Burnley untuk mengejar ketertinggalan akhirnya berbuah manis pada menit ke-81.

Berawal dari tendangan bebas, Burnley bisa mengalirkan bola kepada Michael Kane yang kemudian meneruskannya kepada Ashley Barnes yang berada dalam posisi bebas. Barnes kemudian melepas tendangan keras yang tak bisa dijangkau Joe Hart dan membuat kedudukan menjadi 2-2.

Burnley mampu mempertahankan hasil imbang ini hingga lima menit tambahan waktu usai. Dengan hasil ini, Burnley masih berada di posisi 19 klasemen sementara Premier League dengan koleksi 16 poin dari 19 laga. Sementara itu, City gagal mendekati perolehan poin Chelsea yang sebelumnya juga bermain imbang 1-1 melawan Southampton. City tetap berada di peringkat dua dengan 43 poin, terpaut tiga poin dari Chelsea. (one)