Cech Bersiap-siap Tinggalkan Chelsea

Petr Cech.
Petr Cech.
Petr Cech.

POJOKSATU – Masa depan kiper Petr Cech di Chelsea kembali menjadi perbincangan. Cech tidak lagi menjadi pilihan utama di bawah mistar The Blues ” julukan Chelsea ” sejak kembalinya Thibaut Courtois dari Atletico Madrid. Kiper asal Belgia itu mengambilalih posisi Cech sebagai kiper nomor satu Chelsea.

Kehilangan tempat di tim utama menjadi pukulan telak bagi Cech. Kiper 32 tahun itu dikabarkan bakal segera meninggalkan Stamford Bridge, markas Chelsea. Sejumlah klub dikaitkan dengan Cech. Yang terbaru adalah Real Madrid.

Football Espana melaporkan, agen Cech telah melakukan pertemuan dengan kubu Real. Tujuannya adalah menjajaki kemungkinan untuk membawa Cech ke Santiago Bernabeu, markas Real, pada bursa transfer Januari mendatang. Hanya, kemungkinan tersebut, tampaknya, kecil.

“Kami telah melakukan pembicaraan dengan Real Madrid. Tapi, mereka tidak membutuhkan kiper saat ini,”  kata Victor Kolar, agen Cech, seperti dilansir Daily Star. Namun, hal itu tidak menutup peluang Cech untuk hijrah ke klub lain. “Bukan tidak mungkin Petr akan pergi pada bursa transfer mendatang,” kata sang agen.


Meski musim ini tak lagi menjadi kiper utama Chelsea, Cech masih menjadi andalan di timnas Republik Ceko. Kolar juga memastikan bahwa Cech masih memiliki ambisi dan motivasi untuk mengejar banyak trofi. “Petr masih ingin bermain di banyak pertandingan selama memungkinkan. Tapi, hal itu sekarang tidak lagi memungkinkan,” katanya.

Beruntung, manajemen Chelsea tetap memperlakukan Cech dengan layak. “Klub tetap menghormati dan memberi perlakukan yang sama seperti saat dia menjadi kiper utama,” kata Kolar. Menurutnya, keberadaan Cech dan Courtois yang sama-sama tangguh adalah keuntungan bagi Chelsea. Hal itu seharusnya membuat pelatih Jose Mourinho lebih leluasa dalam memilih kiper. “Saya kira itu adalah keuntungan besar bagi seorang manajer ketika dia memilik dua kiper hebat,” ujarnya.

Sebelumnya, Cech sempat dikaitkan dengan Liverpool, Arsenal, AS Roma, Atletico Madrid, dan Besiktas. Menurut Kolar, Cech mungkin memilih bertahan di Inggris. Jadi, andai meninggalkan Chelsea, Cech akan memilih berlabuh di klub Inggris. Itu berarti peluang bagi Arsenal dan Liverpool.

“Saya kira Arsenal seharusnya mengajukan penawaran dan Petr akan mempertimbangkannya. Liverpool juga butuh kekuatan di posisi kiper dan Petr memenuhi kualifikasi itu,” kata Kolar seperti dilansir Sport.

Cech baru bermain dalam tiga pertandingan musim ini. Masing-masing melawan Sporting Lisbon, Hull City, dan Derby County. Dalam tiga pertandingan itu, gawang Cech kebobolan dua kali. (ca/jpnn)