Preview Stoke City vs Chelsea: Mourinho Waspadai Krikil Bernama Stoke

Jose Mourinho.

POJOKSATU – Stoke City pernah menorehkan luka bagi Chelsea. Musim lalu, The Blues keok 2-3 di Britania Stadium. Kekalahan yang dihindari terulang lagi dalam lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-17, Selasa (23/12) dinihari nanti WIB.

Manager Chelsea, Jose Mourinho tahu persis kualitas Bojan dkk sehingga Ia terang-terangan melontarkan kewaspadaannya menghadapi laga ini. Apalagi di tabel klasemen sementara, Chelsea selaku pemuncak mendapat tekanan cukup hebat dari Manchester City. Perolehan poin keduanya sama, 39 poin. Meski Chelsea diuntungkan satu pertandingan dan unggul selisih gol.

Mourinho sendiri mengakui bahwa City, United, dan bahkan tim peringkat empat dan lima sekalipun — West Ham United dan Southampton — masih ia anggap sebagai pesaing juara Chelsea musim ini. “Tim yang berselisih kurang dari sepuluh poin [dari Chelsea] bersaing dalam titel juara,” ujarnya.

Musim memang masih sangat panjang dan belum mencapai separuhnya. Apalagi periode Natal-Tahun Baru adalah jadwal yang super-sibuk. Usai melawan Stoke, Chelsea langsung dihadapkan dengan West Ham (26/12), Southampton (28/12), dan Tottenham Hotspur (2/1) di mana tiga dari empat partai ini adalah laga tandang.


Satu cara sederhana agar Tim London Biru bisa tampil sempurna dalam periode sibuk ini, yakni fokus laga per laga. Terlebih, matchday ke-17 ini menghadirkan kerikil tajam bernama Stoke. Mourinho tentu masih ingat dengan hasil pahit di musim lalu ketika mereka keok 3-2 secara menyakitkan di Britannia Stadium.

“Terkadang Anda bermain baik tapi kalah, di lain waktu Anda bermain buruk tapi menang. Musim lalu, kami bermain bagus melawan Stoke, tetapi kami membuat dua kesalahan yang berakibat fatal,” ujar Mourinho.

Diakuinya, Stoke memang merupakan lawan yang selalu menyulitkan, seperti saat pasukan Mark Hughes sukses menumpas Arsenal 3-2 dua pekan lalu. “Kami tahu kualitas mereka dan kami harus beradaptasi dengannya. Anda akan berada dalam masalah besar jika tidak beradaptasi menghadapi Peter Crouch dan bek-bek mereka,” tuturnya.

Soal komposisi pemain, Mou nampaknya tidak akan terlalu pusing menurunkan pemain-pemain andalannya. Semua pemain reguler dalam kondisi siap tanding, termasuk  Thibaut Courtois yang dalam dua partai terakhir absen karena masalah otot, dinyatakan sudah sembuh dan siap diturunkan.

Sementara cedera menghantui kubu The Potters sebagaimana Peter Odemwingie, Victor Moses, Steve Sidwell, dan Marc Muniesa masih harus absen karena cedera. Adapun Bojan Krkic dan Stephen Ireland masih diragukan tampil. Bojan sangat diharapkan bisa tampil pada laga ini karena pemain asal Spanyol ini memiliki potensi merepotkan barisan pertahanan The Blues. (fat)

Prakiraan Line-Up

STOKE CITY
Begovic; Bardsley, Shawcross, Wilson, Pieters; Cameron, N’Zonzi;  Walters, Bojan, Diouf; Crouch

CHELSEA
Courtois; Ivanovic, Terry, Cahill, Luis; Matic, Fabregas; Willian, Oscar, Hazard; Costa