Ajaib, Thailand Jawara Piala AFF

Pemain Thailand, Chanatip Songkrasin (merah) berebut bola dengan pemain Malaysia, S.Kunalan dalam final Suzuki Cup di Stadion Bukit Jalil Stadium, Kuala Lumpur, Sabtu malam. Foto: Bernama
Pemain Thailand, Chanatip Songkrasin (merah) berebut bola dengan pemain Malaysia, S.Kunalan dalam final Suzuki Cup di Stadion Bukit Jalil Stadium, Kuala Lumpur, Sabtu malam.  Foto: Bernama
Pemain Thailand, Chanatip Songkrasin (merah) berebut bola dengan pemain Malaysia, S.Kunalan dalam final Suzuki Cup di Stadion Bukit Jalil Stadium, Kuala Lumpur, Sabtu malam. Foto: Bernama

Thailand menjadi juara Piala AFF 2014 dalam pertandingan dramtis melawan Malaysia, Sabtu (20/12) malam. Thailand menang agregat 4-3 atas Malaysia di laga final yang berlangsung dua leg. Meski Malaysia menang 3-2 dalam laga kedua yang digelar di Stadion Shah Alam, Thailand tetap menang 2-0 pada leg pertama.

Malaysia yang sudah unggul 2-0 di babak pertama, ternyata tak mengendurkan semangat Thailan. Justru para pemain Thailand langsung tancap gas saat memasuki babak kedua. Serangan cepat dengan permainan umpan-umpan pendek diperagakan oleh Charyl Chappuis dan kawan-kawan.

Pada menit ke-50, Thailand memperoleh peluang. Tapi, umpan silang Chanathip Songkrasin ke arah mulut gawang gagal disambut oleh rekan-rekan setimnya. 10 menit sudah berjalan di babak kedua, belum ada gol tercipta.

Malah pada menit ke-58, Malaysia bisa memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0 melalui tendangan bebas Safiq Rahim. Ini juga menjadi gol keenam Safiq Rahim dalam Piala AFF 2014, yang juga bisa menjadikannya top skorer.


Pasukan Kiatisuk Senamuang mencoba mengejar ketinggalan mereka, tapi sepakan Adisak Kraisorn pada menit ke-68 masih menyamping. Harimau Malaya sendiri memilih bermain lebih bertahan dengan melakukan pergantian pemain.

Namun, pada menit ke-82, Charyl Chappuis menghidupkan harapan Thailand lewat golnya yang memanfaatkan bola rebound. Gol tersebut membuat skor menjadi 3-1, dan agregat kembali imbang 3-3.

Mendapat harapan, Thailand benar-benar langsung menekan pertahanan tuan rumah dengan mengandalkan kecepatan pemain mereka. Benar saja, Chanathip Songkrasin mengubah kedudukan menjadi 3-2 pada menit 86, setelah menerima umpan Adisak Kraisorn.

Skor sementara 3-2 untuk keunggulan Malaysia, namun Thailand unggul agregat 4-3 atas anak-anak asuhan Dollah Salleh. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 3-2 tak berubah, Thailand menjadi juara Piala AFF 2014 karena menang agregat 4-3 atas Malaysia.

Susunan pemain:

Malaysia: Farizal Marias, Zubir Azmi, Afif Amiruddin (Muslim Ahmad 68), Shukor Adnan, Subramaniam Kunnanlan, Indra Putra Mahayuddin (Gary Steven Robbat 78), Safiq Rahim, Mohammad Badri Radzi, Azammuddin Akil (Safee Sali 14), Amri Yahyah, Norshahrul Talaha.

Thailand: KawinThamsatchanan, Suttinun Phukhom, Narubodin Weerawatnodom, Peerapat Notchaiya, Charyl Chappuis, Chanathip Songkrasin, Kroekit Thaweekarn (Adul Lahsoh 87), Tanaboon Kesarat, Prakit Deeprom (Sarawut Masuk 63), Sarach Yooyen, Adisak Kraisorn.

(ps)