Tridente Barcelona Mulai Makan Korban

Lionel Messi
Lionel Messi
Lionel Messi

POJOKSATU – Tridente Barcelona akhirnya menunjukkan kebolehan mereka. Untuk pertama kalinya, tiga bomber Barcelona, Luis Suarez, Lionel Messi dan Neymar serentak mencetak gol dalam satu pertandingan. Tak tanggung-tanggung, ketiganya melakukan itu saat menghadapi Paris Saint Germain yang memiliki dua bek termahal di dunia, Thiago Silva dan David Luiz.

Barca menang 3-1 dari PSG dalam laga terakhir kualifikasi grup Liga Champions di Nou Camp, dinihari kemarin. Kemenangan itu langsung menasbihkan Azulgrana sebagai juara Grup F. PSG tetap lolos dengan status runner up. Namun, kekalahan itu terasa menyakitkan karena menjadi kekalahan pertama yang mereka alami di sepanjang musim ini.

Silva dan Luiz yang menyandang status sebagai bek termahal di dunia, tak mampu membendung tridente Suarez, Messi dan Neymar. Sempat unggul lebih dulu pada menit ke-15 melalui Zlatan Ibrahimovic, PSG akhirnya tersungkur oleh kekompakan, dan efisiensi tridente Barcelona.

”Adalah efisiensi yang membuat perbedaan. Barca lebih baik dari kami, mereka memiliki tiga penyerang hyebat. Messi fantastis, dia adalah pemain terbaik. Barca juga memiliki pelatih cerdas dan pemain hebat lainnya,” ungkap David Luiz usai laga kepada Canal+.
Pengakuan Luiz dibenarkan oleh pelatih PSG Laurent Blanc.


”Kami merasa frustasi karena kami sudah membayangkan bagaimana permainan akan berjalan, namun kami kekurangan kualitas saat menyerang. Kami sebenarnya bisa mencetak gol untuk membuat kedudukan 2-2. Tapi kami kurang efisien saat menyerang dan bertahan,” kata Blanc.

”Kami tidak bermain di level yang seharusnya. Kami harus mengambil resiko dengan memainkan empat penyerang. Kami ingin meraih hasil positif dengan mengambil resiko. Kami hampir unggul 2-0, tapi itu tidak terjadi. Pemain hebat bisa mengubah peluang kecil menjadi gol indah. Kami mencoba menyamakan kedudukan, tapi sangat disayangkan kami kalah 1-3,” imbuh Blanc.

Bagi Barcelona, kemenangan dari PSG berarti melanjutkan tradisi mereka yang selalu menjadi juara grup sejak musim sejak tujuh musim terakhir. Suarez menjadi pemain yang mendapat sorotan khusus.

Satu gol yang menjadi gol kedua Suarez bagi Barcelona. Kedua gol itu semua dilesakkan di Liga Champions. Gol ke gawang PSG itu juga menjadi gol pertama Suarez di Nou Camp. ”Gol ini baik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sangat penting untuk membantu tim,” ujar Suarez singkat. (ish)