Almeria vs Real Madrid: Alihkan Fokus

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

POJOKSATU –  Fokus Real Madrid kembali dialihkan ke kompetisi La Liga. Dinihari nanti, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan menghadapi tuan rumah Almeria. Kemenangan dari Almeria akan memperpanjang rekor kemenangan Madrid menjadi 20 laga beruntun. Namun, yang terpenting, tiga poin itu akan tetap menjaga jarak mereka dari peringkat dua Barcelona yang akan menghadapi Getafe sehari kemudian.

Bukan hal yang mudah bagi Madrid untuk bermain dua kali hanya dalam selang tiga hari. Namun mereka terbukti berhasil melakukannya. Madrid bahkan sukses meraih 19 kemenangan beruntun di berbagai kompetisi. Latihan fisik dan kebijakan rotasi menjadi salah satu kunci di balik kesuksesan tersebut.

Menghadapi Almeria, pelatih Carlo Ancelotti kemungkinan juga akan melakukan kebijakan rotasi. Di sektor pertahanan, Marcelo, Pepe dan Daniel Carvajal yang disimpan saat partai Liga Champions kontra Ludogorets, berpeluang diturunkan sejak menit pertama. Di lini tengah, Ancelotti memiliki Isco, Illarramendi, Toni Kroos dan James Rodriguez.

Pelatih asal Italia itu kemungkinan akan memainkan skema 4-3-3 dengan seorang gelandang tengah. Toni Kroos yang biasanya menempati posisi itu, tampaknya akan diistirahatkan. Gantinya, Ancelotti akan memainkan Isco sebagai gelandang tengah. Hal itu sudah dilakukan oleh Ancelotti dalam laga kontra Ludogorets. Dan Isco mengaku menikmati posisi tersebut.


”Kami memiliki sejumlah pemain yang cedera, namun pelatih sangat pandai mengatur skuad. Bermain sebagai gelandang tengah membantu saya menjadi pemain yang komplet. Saya ingin terus membantu tim dengan segala cara yang mungkin dilakukan,” ujar Isco seperti dilansir dalam situs resmi klub.

Karim Benzema yang juga diistirahatkan saat laga Liga Champions diprediksi turun sejak menit pertama bersama Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Trisula ini adalah kunci utama keberhasilan Madrid meraih 19 kemenangan beruntun. Ketiganya menjadi mesin gol yang selalu menakutkan barisan pertahanan lawan. Total, trisula Ronaldo, Benzema dan Bale melesakkan 51 dari 79 gol Madrid musim ini di berbagai kompetisi.

Jika bermain maksimal, Los Blancos tampaknya tak sulit untuk mengalahkan Almeria. Pasalnya, Almeria saat ini sedang mengalami ketidakstabilan akibat pemecatan pelatih mereka, Francisco. Dia dipecat akhir pekan lalu setelah timnya dikalahkan tim juru kunci Elche dengan skor 5-2. Itu adalah kekalahan keempat dalam lima laga terakhir La Liga.

Untuk sementara skuad Almeria dilatih oleh Sergi Pardo yang sebelumnya melatih tim Almeria B. Manajemen dikabarkan akan segera menunjuk pelatih baru pada hari ini atau hanya beberapa jam sebelum menghadapi Madrid. Jika benar, maka itu tidak akan menguntungkan para pemain karena dipaksa harus beradaptasi dalam waktu singkat. Kabar baiknya, tak ada satupun pemain pilar Almeria yang mengalami cedera.

Almeria sendiri kini menduduki peringkat 18 dengan raihan 10 poin dari 14 pertandingan. Fernando Soriano dan kawan-kawan hanya unggul selisih gol dari tiga tim penghuni zona degradasi; Cordoba, Deportivo La Coruna dan Elche. (ish)