Ajaib, Malaysia Susul Thailand ke Final AFF

Timnas Malaysia
Timnas Malaysia
Timnas Malaysia

POJOKSATU – Malaysia melangkah ke final Piala AFF 2014 usai secara dramatis menang 4-2 atas Vietnam dalam leg kedua semifinal, yang digelar di My Dihn Stadium, Hanoi, Kamis (11/12) malam. Di leg pertama yang digelar di Kuala Lumpur, Minggu (7/12), Harimau Malaya kalah 1-2. Dengan keajaiban yang terjadi di Hanoi, Malaysia malah unggul agregat 5-4.

Malaysia unggul cepat lewat penalti di menit ke-5. Wasit Toma Masaaki asal Jepang memberikan hukuman penalti setelah salah seorang bek Vietnam melakukan pelanggaran terhadap Indra Putra. M. Safiq Rahim sukses mengeksekusi hadiah tersebut. Usai gol itu, Vietnam terkesan panik. Akibatnya, gol kedua bersarang dengan mudah ke gawang tuan rumah pada menit ke-16, lewat Norshahrul Talaha.

Malaysia di atas angin, namun Vietnam akhirnya memperkecil skor di menit 23 lewat Le Cong Vinh dari titik putih. Namun Indra Putra kembali memperlebar jarak usai mencetak gol di menit 29 menjadikan skor 3-1. Malaysia menutup babak pertama dengan gol keempat saat injury time lewat Shukor Adnan. Skor 1-4 untuk tim tamu.

Keunggulan 4-1 di babak pertama membuat Malaysia bermain lebih nyaman. Vietnam sempat membuka harapan usai Le Cong Vinh membuat gol di menit 78. Tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor 4-2 untuk Malaysia.


Dengan agregat berpihak kepada Malaysia, maka mereka berhak ke final menyusul Thailand yang sebelumnya menyingkirkan Filipina (0-0, 3-0). Leg pertama final AFF 2014 akan digelar di Bangkok, 17 Desember mendatang, dan leg kedua bakal dihelat di Kuala Lumpur, 20 Desember 2014. (adk/jos/jpnn)