Dias Bangga Kembali Gabung Persib

Dias Angga Kusuma
Dias Angga Kusuma
Dias Angga Kusuma

POJOKSATU – Dias Angga Kusuma akhirnya kembali berlabuh ke dalam tim yang telah membesarkan namanya, Persib Bandung. Ya, Dias resmi menjadi milik Persib Bandung setelah menandatangani kontrak di Graha Persib, Jalan Sulanjana, kemarin (10/12).

“Saya sudah teken kontrak hari ini (kemarin), dan sudah resmi menjadi bagian dari Persib,” ujar mantan penggawa Pelita Bandung Raya (PBR) itu, kemarin.

Memang, proses pendekatan pihak manajemen untuk memboyong pemain berusia 25 tahun itu berlangsung cukup alot. Sebab, Dias diproyeksikan untuk membela skuat asuhan Dejan Antonic selama dua musim. Praktis Dias dipagari oleh PBR. Disinggung soal negosiasi harga, Dias mengaku tidak menemukan masalah berarti. Sebab, Persib antusias meminang mantan penggawa Timnas U-23 tersebut.

“Sempat terkendala dalam hal surat menyurat saja, tapi PBR sudah mengeluarkan surat pindah dan semuanya sudah selesai. Untuk negosiasi sendiri tidak ada kendala, semua berjalan baik. Hanya dalam surat menyurat karena harus mengikuti aturan,” ujarnya.


Selain karena faktor kenangan, Dias merasa berkembang karena juga adanya peran ‘Maung Bandung’. Dia pun mengaku mendapat dukungan kerabatnya saat hijrah ke Persib.

“Persib yang membesarkan saya. Dari usia 15 tahun, 21 tahun hingga senior saya sudah membela tim ini. Sekarang ada kesempatan untuk kembali dan saya didukung oleh keluarga, terutama orang tua dan istri,” urai Dias.

Setelah mencapai karir profesional bersama Persib di tahun 2010-2011, Dias hijrah ke Persisam Samarinda di musim 2011-2013. Di sana ia mendapatkan tempat dan totalnya merumput dalam 46 gelaran pertandingan selama dua musim. Saat memperkuat PBR di kompetisi 2014, posisi Dias di sektor belakang pun cukup sentral. Dia tak tergantikan dalam 26 gelaran pertandingan.

“Tahun ini saya ditawari untuk kembali ke Persib. Sebelum-sebelumnya enggak ada tawaran, jadi baru tahun ini. Ya, beberapa tahun saya bisa dibilang berkelana menimba ilmu dan rasanya tahun ini saya sudah siap kembali membela Persib,” imbuhnya.

Soal target, Dias berharap bisa berperan dalam skuat Djadjang Nurdjaman. Apalagi selain kompetisi lokal, Persib juga akan diuji di kancah kompetisi sepakbola internasional, yakni Liga Champions Asia (LCA), atau AFC Cup 2015.

“Harapan saya tentu ingin membuat Persib lebih baik lagi dari apa yang sekarang sudah diperoleh. Apalagi Persib akan bermain di Liga Champions Asia,” pungkasnya.(yan/jpnn)