Dites Darah, Messi Heran

Lionel Messi
Lionel Messi
Lionel Messi

POJOKSATU –  Pemeriksaan doping yang menjadi agenda rutin Badan Perlindungan Kesehatan Olahraga Spanyol memicu keheranan Lionel Messi.

Pasalnya, tes doping yang biasanya hanya menguji urin ternyata dilakukan hingga tes darah. Masalahnya, dari lima orang yang dipilih, hanya Messi yang sampai harus menjalani tes darah.

Empat orang lain yang ikut dites adalah Andr”s Iniesta, Claudio Bravo, Ivan Rakitic, dan Jordi Alba. Tes doping itu dilakukan pasca laga melawan Espanyol (8/12) di Primera Division. Messi bersama empat rekan setimnya dipilih berdasarkan sistem acak prosedur pemeriksaan doping.

Keheranan itu pun ditunjukkan Messi melalui situs media sosial Instagram miliknya. “Tes doping. Dari lima orang, hanya saya yang harus menjalani tes urin sekaligus tes darah. Agak aneh bukan?” katanya seperti dikutip Marca.


Tapi, Messi tidak menyebut lebih jauh keanehan tersebut. Badan Perlindungan Kesehatan Olahraga Spanyol juga tidak mengungkapkan mengapa hanya Messi yang harus menjalani tes darah.

Kemungkinan, itu hanya bagian dari skema random yang dijalankan lembaga antidoping. Hanya, Messi menerimanya lain. Dia barangkali merasa dicurigai karena harus menjalani tes khusus dibanding pemain lain.

Selama ini Messi memang tak pernah tersandung kasus doping. Tapi, dia mengonsumsi zat pertumbuhan yang disuntikkan. Tapi, itu sebagai bagian dari perawatan yang harus dijalaninya karena kelainan hormon pertumbuhan.

Selain itu, suntikan tersebut dihentikan setelah Messi menginjak dewasa. Dalam dunia olahraga, zat pertumbuhan atau Human Growth Hormone (HGH) memang dilarang untuk meningkatkan performa. Dalam kasus Messi, suntikan itu untuk medis dan dipantau langsung rumah sakit. (aga/jpnn)