Bidik Juara Grup

Carlos Tevez
Carlos Tevez
Carlos Tevez

POJOKSATU– Juventus hanya membutuhkan hasil imbang dari Atletico Madrid untuk melaju ke babak knock out Liga Champions. Dengan hasil itu, Juve akan lolos ke babak berikutnya dengan status runner-up  Grup A. Tapi I Bianconeri tak ingin bermain untuk seri. Menjamu Atletico di Juventus Stadium, dinihari nanti, Juve membidik kemenangan dengan selisih dua gol untuk merebut puncak klasemen dari Atletico.
”Kami adalah tim yang dirancang untuk menyerang, bukan untuk membendung serangan. Melawan Atletico, kami akan bermain untuk menang dan merebut posisi puncak klasemen grup,” tegas bek Juventus Leonardo Bonucci seperti dilansir The Sundaily, kemarin.
Motivasi Juventus untuk menang dan menggeser posisi Atletico Madrid sudah terbaca sejak laga kontra Fiorentina di pentas Serie A, akhir pekan lalu. Dalam laga yang berkesudahan imbang itu, pelatih Massimiliano Allegri membangkucadangkan Carlos Tevez, Claudio Marchisio, dan Alvaro Morata.
Dari ketiganya, Allegri hanya menurunkan Tevez dan Marchisio sebagai pengganti pada menit 61 dan 79. Lewat siasat itu, Allegri berharap Tevez, Marchisio,  dan Morata bisa tampil maksimal menghadapi Atletico. ”Ini adalah laga penting. Kami harus menang dengan selisih dua gol karena tujuan kami adalah lolos dan berharap memuncaki Grup A,” jelas Allegri.
Allegri menerapkan formasi 3-5-2 saat ditahan imbang Fiorentina. Namun, ia diprediksi akan mengubah formasi menjadi 4-3-1-2 saat menjamu Atletico. Dua bek sayap Stephan Lichtsteiner dan Simone Padoin berpeluang menjadi starter. Keduanya akan mengapit bek tengah Bonucci dan dan Giorgio Chiellini.
Bonucci mengaku sudah beradaptasi dengan formasi empat bek yang diterapkan sejak Allegri menggantikan pelatih Antonio Conte. Namun itu tak menjamin formasi empat bek bisa membendung Atletico yang dikenal bermain agresif. Apalagi, Atletico yang sudah memastikan tiket ke babak knock out, berjanji tetap serius menghadapi juara Serie A itu. ”Kami akan bermain dengan tujuan normal yang artinya kami akan ke Turin untuk kemenangan,” ungkap gelandang Raul Garcia.
Ya, Juve memang patut ekstra waspada terhadap Atletico yang sedang berada di performa terbaiknya. Itu dibuktikan Atletico dengan meraih kemenangan dalam lima laga terakhir di berbagai kompetisi. Dalam kurun itu, skuad besutan Diego Simeone melesakkan 15 gol dan hanya kebobolan satu gol.
Terbaru, Atletico mengalahkan tuan rumah Elche dua gol tanpa balas di kompetisi La Liga. ”Tim ini sudah bermain dengan skema berbeda dalam beberapa laga dan mereka terus berkembang. Bukan sebuah kebetulan jika Mario Mandzukic mendapat banyak peluang, itu karena kami bermain bagus. Selanjutnya, kami siap menyambut laga besar melawan Juventus,” ujar Simeone.
Juve kini menduduki peringkat dua dengan koleksi sembilan poin atau unggul tiga poin dari peringkat tiga Olympiacos. Dengan itu, hasil imbang kontra Atletico tetap akan meloloskan Juve ke babak knock out. Tetapi I Bianconeri harus menghindari kekalahan. Sebab, jika Juve kalah sementara Olympiacos menang dari Malmo, maka Juve bisa tersingkir karena kalah produktivitas gol tandang dalam head to head dengan Olympiacos.(ish)