Pemkab Bogor butuh Dukungan dana Selenggarakan Pemilu 2024

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin.

POJOKSATU.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, terang-terangan meminta bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, untuk menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada 2024.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menyebutkan, Kabupaten Bogor diperkirakan memiliki Tempat Pemungutan Suara (TPS) diperkirakan mencapai 17.000 serta jumlah pemilih diprediksi mencapai 4 juta.

Jumlah tersebut, menjadikan Kabupaten Bogor sebagai daerah tingkat II dengan jumlah TPS dan pemilih terbanyak di Indonesia. Burhan mengakui, bahwa tidak mudah untuk melaksanakan Pemilu dan Pilkada agar berjalan lancar.

“Maka kami minta doa, dukungan dan uangnya. Kami, Kabupaten Bogor menjadi daerah dengan jumlah pemilih dan TPS terbanyak di Indonesia,” kata Burhanudin, Senin (23/1).


Burhan berharap adanya bantuan keuangandari Pemprov Jabar mengingat pada pelaksaan Pemili 2019, Kabupaten Bogor menyumbang suara hingga 12 persen dari total suara di Jawa Barat.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengungkapkan, dalam pelaksaan Pemilu 2024 diperkirakan ada penambahan TPS hingga 16.000 lokasi dibanding Pemilu 2019 sebanyak 15.000 TPS.

“Belum lagi ada pengajuan TPS khusus, seperti IPB itu sudah mengajukan 50 TPS khusus,” kata Ummi.

(Rishad Noviansyah/Pojokbogor)