Bantu Damkar yang Terjebak Macet, Alfin dapat Sepeda dari Bima Arya

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyerahkan sepeda usai Alfin melakukan aksi heroik.

POJOKSATU.id – Alfin Alfarizqi, siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Kota Bogor, ramai diperbincangkan belakangan ini atas aksi heroiknya membantu mobil pemadam kebakaran yang terjebak macet di Jalan Raya Empang, tidak jauh di Bogor Trade Mall (BTM).


Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto pun sempat mengunjungi rumah Alfin dan menanyakan langsung bagaimana kronologi dia membantu mobil pemadam kebakaran melewati kemacetan di Kota Bogor.

“Saya lagi nunggu angkot di situ, terus ada pemadam yang emang susah jalan. Yaudah saya ke tengah bantuin,” kata Alfin kepada Bima Arya, yang dibagikan Bima lewat Instastory, Senin (23/1).

Bima pun memuji Alfin, yang menurutnya telah menerapkan Dasa Darma Pramuka. “Menerapkan Dasa Darma Pramuka, kasih sayang kepada sesama manusia,” kata Bima Arya. Bima juga memberikan beberapa hadiah kepada Alfin, seperti sepeda, hingga sepatu.


Aksi Alfin itu, sempat viral di media sosial. Setelah ditelusuri, rupanya mobil damkar yang dibantu Alfin merupakan milik Dinas Pemadam Kabupaten Bogor Sektor Ciomas, yang hendak kembali ke markas setelah menangani kebakaran di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor pada Kamis, 19 Januari 2023 sekitar pukul 16.00 WIB.

“Jadi rekan di sama minta perbantuan ke Damkar Ciomas. Jam 9 pagi kita ke TKP dan selesai pas waktu Ashar. Terus kita balik kanan. Saat mobil memasuki Jalan Empang itu, ada kemacetan sehingga anggota terjebak (macet),” kata Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Kabupaten Bogor, Budi Faturachman.

Di tengah kemacetan tersebut, kemudian anak SMP yang belakangan diketahui bernama Alfin, muncul ke depan mobil damkar dan membantu mengatur lalu lintas agar mobil damkar dapat cepat menembus kemacetan tersebut.

“Dia lagi jalan kaki di trotoar sampil mall BTM. Terus lihat kondisi padat, dia langsung lari melewati trotoar, terus bukain jalan buat kita. Kita diarahkan ke kanan sama dia. Jadi memang, prosedurnya kalau mau memadamkan atau pulang harus secepat mungkin kembali ke sektor jaga wilayah,” kata Budi.

Aksi heroik Alfin terekam dalam video berdurasi 1 menit 35 detik lalu viral di media sosial.

(Rishad Noviansyah/Pojokbogor)