Bankeu Jabar untuk Kabupaten Bogor Anjlok

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Dapil Kabupaten Bogor, Asep Wahywijaya.

POJOKSATU.id – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Daerah Pemilihan Kabupaten Bogor, Asep Wahyuwijaya memastikan bahwa tidak ada bantuan keuangan (bakeu) kepada Kabupaten Bogor untuk melanjutkan pembangunan RSUD Parung. Dengan kata lain, Pemkab Bogor harus merogoh kocek sendiri untuk melanjutkannya.


“Jika Pemkab Bogor masih merasa berkewajiban untuk melanjutkan pembangunan RSUD Parung, maka silahkan mencari sumber pendanaan dari tempat lain atau dari APBD sendiri,” kata lelaki yang akrab disapa Kang AW, Minggu (22/1).

Menurutnya,secara keseluruhan, Bankeu Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Bogor tahun 2023, hanya sekitar Rp93 miliar. Jumlah tersebut turun drastis dibanding tahun 2022 yang mencapai sekitar Rp123 miliar.

Kang AW menjelaskan, tahun 2023 bankeu terbesar diberikan untuk jaminan kesehatan bagi peserta BPJS kesehatan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kabupaten Bogor sebesar Rp43,6 miliar, juga pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Antar Desa dan pembangunan tanki septik individual sebesar Rp21,5 miliar.


“Jadi meskipun besaran bantuan semakin menurun, tapi saya melihat bantuan keuangan tahun ini lebih tersebar dan kegiatan yang berdampak langsung kepada warga dan lebih beragam. Karena itu saya berharap kegiatannya bisa segera ditindaklanjuti secara cepat dan dengan kualitas yang patut agar warga penerima pun dapat segera juga menikmati manfaatnya,” kata Kang AW.

(Rishad Noviansyah/Pojokbogor)