Polres Siagakan 1.200 Personel Amankan Nataru 2023 di Bogor

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.

POJOKSATU.id, BOGOR – Polres Bogor menyiagakan 1.200 personel untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023 di Bogor.


Kepolisian pun telah memetakan potensi lokasi rawan, maupun lonjakan wisatawan terutama di wilayah Puncak.

“Untuk pengamanan kita sudah persiapkan mulai saat ini dengan melakukan kegiatan baik berupa pendataan kemudian mapping kerawanan, untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, Jumat (9/12).

BACA JUGA : Pemkot Rumuskan Langkah Tekan Angka Inflasi di Kota Bogor Jelang Nataru 2023


Iman menjelaskan, personel yang disiagakan dikonsentrasikan untuk menjaga tempat-tempat ibadah pada Hari Raya Natal, serta pengamanan jalur saat malam pergantian tahun.

Menurutnya, kawasan Puncak masih menjadi destinasi favorit bagi masyarakat untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

Dia pun telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas ketika terjadi kepadatan kendaraan saat Nataru 2023 di Bogor.

BACA JUGA : Dibuka 15 Desember Mendatang, Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Siap Digunakan di Libur Nataru

“Potensi kepadatan kendaraan diprediksi terjadi di kawasan Puncak, Sentul dan beberapa lokasi lain. Kami siagakan anggota di sana untuk melakukan pengamanan, terutama ketika ada lonjakan volume kendaraan,” jelas Iman.

Iman juga mengimbau, masyarakat untuk tidak merasa euforia berlebihan dalam merayakan malam tahun baru. Meski begitu, pihaknya telah siap untuk melakukan sejumlah pengamanan.

“Berdasarkan kajian, Puncak akan cukup padat. Karena banyak destinasi wisata, hotel da villa juga banyak. Artinya, aktivitas sosial budaya masyarakat akan tinggi saat Nataru 2023 di Bogor dan potensi kemacetan akan tinggi. Rekayasa lalu lintas yang disiapkan situasional bisa one way, ganjil genap atau lainnya,” kata Iman.

(Rishad Noviansyah/Pojokbogor)