Jembatan Cisadane Amblas Beberapa Waktu Lalu Akhir Tahun Ini Sudah Dilintasi Lagi

Jl Darul Quran dekat dengan Jembatan Cisadane Bogor amblas beberapa waktu lalu, ditarget bisa dilintasi kendaraan.

POJOKSATU.id, BOGOR – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor Chusnul Rozaqi menyebut Jl Darul Quran dekat dengan Jembatan Cisadane Bogor amblas beberapa waktu lalu, ditarget bisa dilintasi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, sebelum pergantian tahun.


Tebing di ujung Jembatan Cisadane Bogor amblas karena longsor kini sudah dipasangi beton sebagai penahan.

“Progresnya perbaikan jalan menuju Jembatan Cisadane Bogor amblas kemarin sudah bagus, kita lihat dulu kondisi tanahnya dulu, kalau memang tidak ada masalah (Jl Darul Quran) kita buka semua, paling nggak kita coba satu lajur dulu yang secara kekuatan tanahnya sudah bagus. Minimal satu lajur bisa dipakai, secepatnya,” kata Chusnul, Jumat (8/12/2022).

BACA JUGA : Polres Siagakan 1.200 Personel Amankan Nataru 2023 di Bogor


“Sebelum tahun baru seharusnya sudah bisa dipakai (dilintasi kendaraan), ya jelang akhir bulan lah ya. Untuk roda dua dan empat,” tambahnya.

Tebing Jl Darul Quran yang dekat dengan Jembatan Cisadane Bogor amblas karena longsor beberapa waktu lalu, kini sudah dipasangi sheetpile untuk menahan tebing tanah. Dinding tebing kini tampak lebih kokoh.

“Masih proses pengerjaan, kita kejar supaya bisa cepat dilintasi kendaraan, sekarang sedang pengerasan di lintasannya. Untuk pengerasan, cuaca pengaruh banget, jadi kalau hujan kita setop dulu,” kata pengawas pelaksana proyek perbaikan longsor Jl Darul Quran, Ade Rifai, saat ditemui di lokasi.

BACA JUGA : Pelajar di Bogor Kedapatan Bawa Sajam di Dalam Tas, Kini Ditahan di Kantor Polisi

Ade menargetkan pengerasan bisa selesai dengan cepat, sehingga akhir bulan ini sudah bisa dilintasi kendaraan umum.

“Kita sih target tanggal 25 ya bisa dilewatin kendaraan. Mudah-mudahan cuaca baik terus, soalnya cuaca ngaruh banget,” kata Ade.

“Kalau tebing yang longsor sekarang sudah dipasangi sheetpile semua, ada yang tidak kita pasang sheetpile karena ada terowongan di bawah jalan ini. Terowongan aktif, mobil juga bisa lewat, cukup besar lubang terowongannya. Untuk terowongan kita kerjakan dengan cara lain, bukan sheetpile,” tambahnya.

BACA JUGA : Kepergok Mencuri di Rumah Warga Bogor, Polisi Sebut Pelakunya Gila

Tebing setinggi 15 meter di ujung Jembatan Cisadane Bogor amblas di Jalan Darul Quran, Menteng, Kota Bogor, mengalami longsor pada awal Oktober lalu. Sejak kejadian itu, akses penting menuju RSUD Kota Bogor ditutup untuk kendaraan, baik roda dua maupun empat. (Ipe)