Libur Natal dan tahun Baru 2023 Polres Bakal Terapkan Ganjil Genap di Puncak

Ganjil genap Puncak Kabupaten Bogor. Ilustrasi/IST

POJOKSATU.id, BOGOR – Polres Bogor berencana akan menerapkan sistem satu arah atau ganjil genap di Puncak Kabupaten Bogor menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.


Ganjil genap di Puncak  atau sistem one way ini disiapkan sebagai skema rekayasa lalu lintas untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 nanti.

“Ya disesuaikan dengan kondisi di lapangan nanti. Baik itu pengalihan arus, pembatasan arus, pun mungkin rekayasa lain dalam bentuk one way, ganjil genap Puncak, dan pengalihan arus ke Sukabumi ataupun Jonggol. Akan kami lakukan untuk mendukung kegiatan kelancaran Nataru,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kamis (8/12/2022).

BACA JUGA : Polisi Atur Strategi Kepadatan Libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Kota Bogor, Seputaran KRB Jadi Prioritas Penjagaan


Sebanyak 1.200 personel akan disiagakan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas saat libur Nataru. Terutama di wilayah yang menjadi destinasi wisata seperti kawasan Puncak.

“Melihat dari potensi kepadatan yang akan timbul, khususnya di jalur-jalur yang menuju ke destinasi wisata ya, baik itu di wilayah Puncak, wilayah Sentul, Bogor barat juga, kami sudah menetapkan plotingan untuk penugasan anggota,” ujarnya.

Ganjil genap di Puncak dan one way, karena titik yang cukup disorot nantinya adalah kawasan Puncak. Karena Puncak menjadi salah satu pusat destinasi wisata favorit di wilayah Kabupaten Bogor.

BACA JUGA : Polresta Bogor Kota Larang Orang Tua Membonceng Anak di Jok Depan Motor

“Kalau berdasarkan kajian, sementara ini yang cukup padat itu di wilayah Puncak. Di wilayah Puncak itu destinasi wisatanya cukup banyak, hotel cukup padat, bila juga cukup padat,” ucapnya.

Persiapan sudah mulai dilakukan sejak hari ini. Persiapan dilakukan mulai dari pendataan, pemetaan, imbauan, patroli, dan lain-lain.

“Kegiatan-kegiatan kepolisian kami konsentrasikan untuk memberikan, menghadirkan rasa aman, nyaman, dan kelancaran pelaksanaan kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA : Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub Periksa Bus di Terminal Bekasi

Selain itu, operasi juga nanti akan dilakukan mulai tanggal 19 Desember. Personel juga akan ditempatkan di rumah ibadah dan lokasi yang berpotensi digelar kegiatan saat Nataru.

“Selain skema one way atau ganjil genap di Puncak, kami sudah mempersiapkan personel pengamanan untuk di tempat-tempat ibadah, di tempat-tempat wisata di lokasi-lokasi publik lainnya itu berpotensi digunakan kegiatan perayaan ibadah Natal maupun perayaan kegiatan perayaan menyambut Tahun Baru 2023,” pungkas Iman. (Ipe)